5 Fakta Unik Pisang Biru, Buah Ajaib yang Cantik dan Rasanya Mirip Es Krim

Devi Setya - detikFood Kamis, 02 Mei 2019 17:25 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Blue Java Banana mendapat banyak perhatian karena tampilannya yang cantik dan rasanya yang lezat. Cari tahu yuk serba-serbi pisang biru ini.

Jika pisang biasa memiliki warna kulit hijau atau kuning maka Blue Java memiliki permukaan kulit berwarna biru. Kabarnya pisang ini juga punya rasa dan tekstur yang lezat seperti es krim vanila.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta unik tentang Banana Java Blue atau pisang biru yang eksotis.

1. Dikenal dengan banyak nama
5 Fakta Unik Pisang Biru, Buah Ajaib yang Cantik dan Rasanya Seperti Es Krim Foto: istimewa

Pisang ini dikenal dengan nama Blue Jawa Banana tetapi banyak orang menyebut pisang ini dengan nama pisang es krim, pisang Hawaii, Ney Mannan, Krie atau Cenizo. Asal usul nama yang digunakan sesuai dengan warna kulit pisang yang biru cerah.

Bukan hanya berwarna biru, permukaan kulit pisang ini juga tampak mengilap. Pisang ini memiliki bentuk lonjong gemuk dengan panjang mencapai 7 inci. Daging buah pisang biru berwarna putih krem dengan bagian biji yang kecil-kecil.

Baca juga : 'Blue Java Banana', Pisang Unik Berkulit Biru yang Punya Rasa Seperti Es Krim

2. Rasa dan tekstur
Selain kulitnya yang berwarna biru, pisang ini juga banyak diburu karena rasanya yang unik. Daging pisang yang berwarna putih krem memiliki tekstur berserat lembut seperti es krim.

Demikian juga rasanya yang manis creamy mirip es krim vanila. Pisang ini bisa dimakan langsung tapi banyak juga orang yang mengolahnya menjadi pisang goreng atau dijadikan campuran smoothie.

3. Manfaat pisang biru untuk kesehatan
5 Fakta Unik Pisang Biru, Buah Ajaib yang Cantik dan Rasanya Seperti Es Krim Foto: istimewa

Selain enak, pisang ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Pisang yang sudah matang kaya akan serat, vitamin B6, vitamin C, kalium, magnesium, tembaga dan protein.

Menyantap pisang ini secara rutin diketahui bisa mengatur tingkat gula darah dalam tubuh. Vitamin B6 dalam pisang ini juga membantu memperbaiki suasana hati, melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan jantung.

Kandungan kalium dalam pisang ini bahkan membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko serangan jantung hingga 27 persen.

4. Tempat membeli
Pisang ini masih tumbuh di tempat terbatas sehingga ketersediaannya di pasar masih sangat minim. Di Hawaii memang pisang ini bisa dengan mudah ditemukan tapi di daerah lain orang masih harus membelinya dengan cara online.

Di Indonesia sendiri, pisang ini belum terlihat di pasar tradisional maupun di supermarket.

Baca juga : Inikah Pisang Baru? Pisang Varigata yang Manis dan Instagenik

5. Tempat tumbuh dan cara budidaya
5 Fakta Unik Pisang Biru, Buah Ajaib yang Cantik dan Rasanya Seperti Es Krim Foto: istimewa

Pisang ini diketahui berasal dari Asia Tenggara dan juga banyak tumbuh di pulau Hawaii. Selain itu pisang juga diketahui bisa tumbuh di Filipina hingga Amerika Tengah.

Tanaman pisang ini dikenal kuat tumbuh pada suhu dingin dan tahan terhadap terpaan angin. Tidak seperti tanaman pisang tropis lain, pohon Blue Java bahkan bisa berbuah di tempat bersuhu -6 derajat Celsius.

Budidaya pisang ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan membeli bibit pohon kecil ataupun menanam dari biji. Setidaknya dibutuhkan waktu 15-24 bulan hingga pohon siap berbuah. Bibit pohon ini banyak dijual di situs belanja online. (dvs/odi)