Cara Benar Simpan Kornet dan Susu Kental Manis yang Sudah Terbuka di Kulkas

Shara Azzhara - detikFood Senin, 29 Apr 2019 10:27 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang mengandalkan makanan kaleng untuk bahan makanan praktis. Namun saat menyimpannya di kulkas dalam keadaan terbuka, perhatikan hal ini.

Makanan kalengan memang sangat populer dan selalu jadi pilihan. Alasan praktis dan higienis dipilih untuk selalu sedia makanan kaleng di dapur. Meskipun begitu, cara menyimpan makanan kaleng terutama yang sudah dibuka harus sangat diperhatikan.

Beberapa produk makanan kalengan seperti sup atau minuman ringan mungkin akan langsung dihabiskan begitu dibuka. Namun bagaimana dengan penyimpanan daging kornet dan susu kental manis yang akan digunakan berkali-kali? Jika Anda terbiasa menyimpan makanan kaleng yang sudah dibuka langsung di dalam kulkas, Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang.

Cara Benar Simpan Kornet dan Susu Kental Manis yang Sudah Terbuka di KulkasFoto: iStock

Baca juga: Dikira Yogurt Kakek Ini Keliru Makan Setengah Kaleng Cat Tembok

Menurut Food 24 (9/4), produk pabrikan dengan kemasan kaleng berbahan metal memang sangat higienis. Namun ketika sudah dibuka, makanan di dalamnya akan terpapar oksigen yang membawa serta bakteri. Makanan dalam kaleng yang sudah tidak rapat lagi tentu memiliki risiko terkontaminasi bakteri dan lebih mudah berubah rasa atau warna.

Untuk penyimpanan, pindahkanlah makanan kalengan ke dalam wadah makanan yang Anda miliki. Cara ini bukan hanya mencegah partikel metal pada kaleng untuk larut dalam makanan. Penggunaan wadah yang bersih dan rapat juga terbukti membuat makanan lebih tahan lama secara natural dan menjaga kualitasnya setiap digunakan.

Baca juga: Unik! Nasi Kukus Ayam Tonggeng Disajikan dalam Kaleng

Cara Benar Simpan Kornet dan Susu Kental Manis yang Sudah Terbuka di KulkasFoto: iStock

Wadah berbahan kaca dapat menjadi pilihan yang tepat karena lebih ramah lingkungan dan umumnya dapat digunakan dalam microwave ketika butuh dipanaskan. Alasan lain adalah bahannya yang transparan membuat Anda lebih mudah melihat isi dari wadah tersebut.

Selain kaca, toples silikon atau plastik non-BPA juga dapat menjadi alternatif. Namun bahan plastik kurang direkomendasikan untuk penyimpanan dengan durasi panjang.

Tips lainnya agar kualitas makanan kalengan yang disimpan di lemari pendingin tetap terjaga adalah dengan memberi label tanggal kedaluwarsa pada wadah. Cara ini membuat Anda selalu ingat dan menghabiskan makanan sebelum memasuki tanggal kedaluwarsa.

Baca juga: Unik! Main Catur Pakai Kaleng Soda Jadi Viral di Internet

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com