Mau Beli Seafood Segar di Pasar Ikan Modern Muara Baru? Ini Tips Pentingnya

Devi Setya - detikFood Minggu, 28 Apr 2019 17:45 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikfood Foto: Devi S. Lestari/detikfood
FOKUS BERITA Seafood ala Restoran
Jakarta - Hadirnya Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru disambut antusiasme masyarakat Jakarta pencinta seafood. Pasar ikan yang dulunya kumuh, kini jadi tempat wisata kuliner.

Aneka ikan laut, udang, cumi hingga kerang bisa diborong dengan harga miring. Siap-siap juga berpesta seafood di area food court PIM Muara Baru ini.

Kalau berminat berburu seafood segar di PIM Muara Baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Simak tips berikut agar belanja jadi terasa nyaman.

1. Kenakan Pakaian yang Nyaman
Mau Beli Seafood Segar di Pasar Ikan Modern Muara Baru? Ini Tips PentingnyaFoto: iStock

Meskipun sudah bagus, bersih dan luas, pasar ikan ini tetaplah berbeda dengan supermarket. Agar belanja lancar, coba kenakan pakaian kasual dengan bahan yang nyaman.

Untuk para wanita, hindari mengenakan dress karena akan membatasi gerak dan menyusahkan saat memilih seafood. Usahakan juga mengenakan pakaian berwarna gelap karena terkadang ada percikkan air yang membuat pakaian kotor. Demikian juga saat makan, pakaian putih akan terlihat kotor saat terkena noda makanan.

Baca juga : 5 Fakta Pasar Ikan Modern Muara Baru yang Mirip Pasar Tsukiji Tokyo

2. Pakai Sandal
Mau Beli Seafood Segar di Pasar Ikan Modern Muara Baru? Ini Tips PentingnyaFoto: Getty Images

Sepatu snikers memang nyaman dikenakan untuk berjalan tapi kalau ke pasar ikan yang lebih dibutuhkan justru sandal jepit. Meskipun lantai pasar ini sudah berupa keramik tetapi masih ada saja genangan air yang tersisa di lantai.

Air ini bukan hanya kotor tapi juga berbau amis. Jadi mengenakan sandal adalah pilihan tepat. Kalau kaki kotor, tinggal dicuci dengan mudah.

3. Bawa Uang Cash
Para pedagang di pasar ikan ini memang menyediakan ikan dan seafood dalam jumlah sangat banyak tapi mereka hanya menerima pembayaran tunai. Jadi sebelum mulai berbelanja, pastikan sudah memegang uang tunai secukupnya.

Oiya meskipun seafood di sini terkenal murah, jangan sungkan untuk menawar. Beberapa harga seafood masih bisa dikurangi asalkan pandai berkomunikasi dengan sang penjual. Semakin banyak yang dibeli, pedagang juga tak sungkan memberi potongan harga.

4. Datang Lebih Awal
Mau Beli Seafood Segar di Pasar Ikan Modern Muara Baru? Ini Tips PentingnyaFoto: Devi S. Lestari/detikfood

Pasar ikan ini beroperasi siang hingga tengah malam, jam operasionalnya 16.00-24.00 WIB. Tapi cobalah usahakan untuk datang lebih awal agar masih banyak pilihan seafood segar.

Waktu ideal berbelanja yakni setelah pukul 18.00 WIB saat para pedagang sudah siap dengan berbagai seafood segar. Setelah belanja bisa langsung membawa seafood ini diolah di area food court di lantai 2.

Di sini ada beberapa kios yang menawarkan jasa memasak seafood hasil belanjaan. Aneka seafood bisa diolah dengan cara dibakar, digoreng ataupun dimasak dengan berbagai saus nikmat.

Saat datang di akhir pekan, siap-siap antre ya karena saking penuhnya Anda harus menunggu hingga 2 jam. Jadi semakin cepat datang semakin cepat kenyang.

Baca juga : Keren dan Bersih! Pasar Ikan Modern Muara Baru yang Diresmikan Jokowi

5. Ajak Teman atau Keluarga
Mau Beli Seafood Segar di Pasar Ikan Modern Muara Baru? Ini Tips PentingnyaFoto: Devi S. Lestari/detikfood

Supaya semakin seru, mengunjungi pasar ikan ini harus ramai-ramai. Ajak keluarga atau teman-teman. Selain lebih seru, makin banyak orang akan semakin murah juga uang yang dikeluarkan untuk membeli seafood.

Jangan khawatir kalau membawa kendaraan pribadi, pasar ini juga dilengkapi area parkir mobil dan motor yang luas. Yuk borong dan makan ikan di PIM Muara Baru! (dvs/odi)
FOKUS BERITA Seafood ala Restoran