Boikot Nasi Padang Viral, Yakin Bisa Tahan Kelezatan Rendang cs?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Apr 2019 10:30 WIB
Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Boikot Nasi Padang!
Jakarta - Media sosial diramaikan isu boikot nasi Padang terkait urusan politik. Faktanya, banyak netizen ngaku tak bisa berpaling dari nasi campur populer Nusantara ini.

Perbincangan boikot nasi Padang ramai di media sosial sejak dua hari lalu. Hal ini dipicu kekalahan Jokowi-Ma'ruf Amin versi quick count di Sumatera Barat yang hanya mendapat suara sekitar 13 persen saat berita ini ditulis (24/4).

Netizen bernama Satria pun mengekspresikan kekecewaannya di Facebook. Pendukung pasangan calon presiden nomor urut 1 ini menulis status kontroversial yaitu, "Jadi malas makan di rumah makan Padang, kayaknya rakyat yang harus membalas, bangkrutkan semua rumah makan Padang."

Boikot Nasi Padang Viral, Netizen Ragu Bisa Berpaling dari Nasi PadangBoikot nasi Padang jadi viral lantaran status salah seorang netizen (Foto: Istimewa)

Status ini mendapat banyak tanggapan seperti netizen Totok Hendriato yang menimpali, "Ide bagus nih. Gmn spy bs buat gerakan anti makan masakan Padang ya. Biar tau rasa mereka. Dah di kasih banyak ma Pakdhe masih juga balasannya nyakitin Pakdhe. Gila emang!"

Baca Juga: BPN soal Boikot Nasi Padang: Keterlaluan Kalau Gara-gara Jokowi Kalah

Tak berselang lama, pembicaraan soal boikot nasi Padang terus bergulir hingga kini. Banyak netizen meragukan kesungguhan ide boikot nasi Padang. Mereka mengungkit kelezatan nasi Padang yang sulit ditolak terlebih saat sedang lapar.

"Yakiiiin.. wkwk.. makan sesekali aja mau boikot, saya yg udh makan 40 tahun aja ngga bisa jauh dari nasi padang hahahaha," tulis Desy Kurniawati di Twitter sambil menyertakan foto sepiring nasi Padang lengkap dengan sayur nangka, daun singkong, dan rendang.

Boikot Nasi Padang Viral, Netizen Ragu Bisa Berpaling dari Nasi PadangNetizen ragu bisa menolak kelezatan nasi Padang (Foto: Istimewa)

Ada juga Andrie Gunawan yang coba 'menyelamatkan' nasib nasi Padang. "Ntah apa salah nasi Padang tiba2 mau di boikot. #savenasipadang," katanya. Annisa Fadhilla tak mau ketinggalan menyertakan foto nasi Padang beralas daun pisang dengan tulisan, "Siapa sih yg kemaren mau boikot nasi padang? Mau aku suapin ga? Disuapin sama org asli minang nih #NasiPadang"

Menanggapi hal ini, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menolak gagasan boikot nasi Padang. Mereka juga membantah pihaknya menjadi inisiator soal blokir nasi Padang.

Boikot Nasi Padang Viral, Netizen Ragu Bisa Berpaling dari Nasi PadangNasi Padang menjadi comfort food banyak orang Indonesia (Foto: iStock)

"Tidak benar kami yang menyerukan agar melakukan pemboikotan nasi Padang. Tidak mungkin kami memboikot salah satu kuliner kebanggaan bangsa Indonesia. Kita tidak boleh melakukan pemboikotan terhadap nasi Padang. Ini salah satu kebanggaan kuliner kita. Jika pemboikotan itu terjadi, tentu kami sangat sesalkan," tegas juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily (23/4).

Baca juga: TKN Jokowi Redam Isu Boikot Nasi Padang

Nasi Padang sendiri tergolong 'comfort food' bagi banyak orang di Indonesia. Meski berasal dari Sumatera Barat, nasi Padang populer di banyak daerah di Indonesia. Terbukti dari banyaknya rumah makan Padang di berbagai tempat. Banyak orang tak bisa menolak kenikmatan racikan nasi hangat dengan bumbu gulai, rendang, hingga sambal lado mudo.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Boikot Nasi Padang!