Kocak! Ayam Jago Ini Viral Karena Ngorok Saat Tidur

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 23 Apr 2019 12:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ayam jago bernama Chim ini viral di media sosial. Itu berkat sang pemilik yang menyebarkan video Chim yang tidur sambil ngorok.

Video seekor ayam jago yang tengah tertidur pulas sambil ngorok tengah jadi perbincangan netizen. Video itu diunggah oleh sang pemilik ayam jago, Regan Haggerty. Regan mengunggah video berdurasi 36 detik itu di laman Twitter pribadinya jumat lalu (19/4).

Regan menulis, "Masih ingat ketika saya bilang ayam saya bisa ngorok? Ini buktinya" sebagai keterangan video itu. Benar saja, dalam video itu Regan terlihat memeluk seekor ayam jago yang ia beri nama Chim. Chim yang sedang tidur pulas mengeluarkan suara aneh yang terdengar seperti suara ngorok.

Kocak! Ayam Jago Ini Viral Karena Ngorok Saat TidurFoto: Istimewa

Sontak video itu disukai lebih dari 55 ribu pengguna dan di-retweet lebih dari 14 ribu orang. Regan mengaku bahwa Chim merupakan ayam jago milik penghuni apartemen lama yang kini ia tempati.

Baca juga: Strawberry Ini Viral Karena Punya Bentuk yang Unik dan Seksi

Kebiasaan ngorok Chim juga diketahui Regan sejak ia pindah ke sana. "Kami mulai membiarkan pintu kami terbuka dan seiring berjalannya waktu ia mulai menjelajahi bagian dalam apartemen kami dan menghangatkan diri bersama kami. Suatu hari, saya memutuskan untuk menghampirinya dan melihat bagaimana reaksinya saat disentuh dan dipeluk. Dia mulai tertidur hingga nyenyak!," jelas Regan pada This Is Insider (22/4).

Sekarang begitu pintu kami terbuka di pagi hari untuk mengeluarkan kucing kami, dia langsung datang! Dia benar-benar ngorok saat pertama kali saya membelainya untuk tidur," tambah Regan.

Lalu benarkah suara yang dibuat ayam jago milik Regan saat tidur merupakan suara ngorok?

Kocak! Ayam Jago Ini Viral Karena Ngorok Saat TidurFoto: Istimewa

Nicole Gennetta, penulis "Backyard Poultry Health Guide: Diagnosis & Treatment," menjelaskan hal itu pada Quora bulan Desember 2017. Di mana secara teknis tidak mungkin seekor ayam bisa ngorok. Ia menjelaskan, "Ngorok disebabkan oleh udara yang melewati jalur napas yang menyempit saat seseorang tidur. Penyempitan ini bisa di langit-langit mulut, hidung, mulut atau tenggorokan."

Lebih lanjut Nicole menjelaskan bahwa ayam tidak memiliki jalan napas yang sama seperti manusia. "Ayam tidak memiliki struktur jalan napas yang sama dengan manusia. Bukaan glotis mereka ada di bagian belakang lidah. Bukaan ini memungkinkan ayam bernapas dengan mulut tertutup di mana udara bergerak dari nares (lubang hidung) melalui lubang glotis dan masuk ke dalam batang tenggorok," tuturnya.

Menurut Nicole, suara yang keluar dari ayam yang sedang tidur adalah hal biasa. Itu bisa saja disebabkan oleh penyakit, nares yang tersumbat atau getaran dari laring (kotak suara).

Baca juga: Anjing Seperti Ayam Goreng hingga Telur Bentuk Siput, Ini 10 Foto Makanan Unik


regn on Twitter

Remember when I said my chicken was snoring? Here's proof https://t.co/jkYH9UBsVF

(dwa/odi)