Ini Telur Paskah Terbesar Dunia yang Pecahkan Guinness World Records

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 19 Apr 2019 10:20 WIB
Foto: Guinness World Records Foto: Guinness World Records
Jakarta - Telur Paskah biasanya hanya sebesar telapak tangan. Tapi telur Paskah yang satu ini dibuat setinggi lebih dari 15 meter dengan diameter hampir 9 meter!

Telur Paskah raksasa yang dibuat badan pariwisata Brazil ini raih penghargaan sebagai telur Paskah terbesar di dunia versi Guinness World Records (4/4/2019).

Biasanya telur Paskah dibuat dari cangkang telur ataupun cokelat, tapi telur yang satu ini justru terbuat dari kayu sehingga pas disebut sebagai bangunan telur Paskah.

Ini Telur Paskah Terbesar Dunia yang Pecahkan Guinness World RecordsFoto: via Brainberries

Baca juga: Wouw! Restoran Ini Tampilkan Telur Paskah Raksasa Seberat Manusia!

Rangkaian kayu yang disusun hingga menyerupai bentuk telur itu kemudian diberi lapisan busa dan kanvas. Lukisan yang menempel pada bagian dinding bangunan telur Paskah itu amat mencolok. Dengan paduan beragam warna, telur Paskah raksasa ini tentu menarik perhatian warga sekitar.

Tinggi bangunan telur Paskah ini sendiri mencapai 15.02 meter dengan diameter sebesar 8.72 meter. Ajaibnya, bangunan telur Paskah cantik ini hanya dibuat selama 48 hari saja.

Ini Telur Paskah Terbesar Dunia yang Pecahkan Guinness World RecordsFoto: Guinness World Records

Alasan badan pariwisata kota Pomerode, Brazil, Associação Visite Pomerode dalam membuat telur Paskah raksasa ini ialah untuk menarik banyak warga agar mengikuti festival Osterfest.

Yang mana festival itu diselenggarakan untuk menghormati para seniman lokal yang dikenal dengan karya-karya lukis telur Paskahnya. Osterfest sendiri merupakan festival Paskah tahunan di kota Pomerode.

"Pomerode merupakan kota jajahan imigran Jerman yang membawa tradisi lukis kulit telur untuk Paskah," jelas anggota dewan asosiasi, Ivan Blumenschein.

Ini Telur Paskah Terbesar Dunia yang Pecahkan Guinness World RecordsFoto: Guinness World Records

Lukisan cangkang telur yang ada pada telur Paskah ini sendiri diambil dari lukisan telur Paskah buatan seniman Brazil bernama João Siqueira. Karenanya, seluruh lukisan yang menempel di dinding bangunan telur Paskah raksasa tersebut dilukis sendiri oleh tangan João Siqueira.

Sebenarnya ini bukan rekor telur Paskah pertama yang diraih oleh festival Pomerode. Sebelumnya pada tahun 2017, di sana ada pohon telur Paskah yang memiliki sebanyak 82.404 telur hias yang menggantung di tiap ranting pohon. Karenanya pohon Paskah itu didapuk sebagai pohon Paskah terbesar di dunia.

Baca juga: Paskah 2019, Banyak Produk Cokelat Telur Untuk Vegetarian (dwa/odi)