Dituduh Makan Banyak Agar Tak Ikut Wamil, Mahasiswa Ini Justru Gemuk Sejak Kecil

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 18 Apr 2019 19:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mahasiswa asal Korsel ini terbebas dari tuduhan menggemukkan badan agar tak ikut wajib militer. Berat badannya ternyata sudah berlebih sejak berusia 10 tahun.

Aturan ketat soal wajib militer disiasati dengan cara menggemukkan badan oleh para mahasiswa di Korea Selatan. Mereka sengaja membuat tubuhnya kelebihan berat badan agar tidak lolos kriteria untuk menjalankan wajib militer.

Hal ini sempat mencuat pada pertengahan September 2018. Dikabarkan NextShark (13/09), sebanyak 12 mahasiswa sengaja mengonsumsi pizza dan burger sebanyak 5 kali dalam sehari. Tak hanya itu, agar berat badan cepat naik mereka juga meminum bubuk protein serta jus lidah buaya dalam jumlah banyak.

Dituduh Makan Banyak Agar Tak Ikut Wamil, Mahasiswa Ini Justru Gemuk Sejak KecilFoto: Istimewa

Mereka membuat jus lidah buaya yang memiliki banyak jelly yang bisa bertahan lama di dalam tubuh. Sehingga berat badan mereka bisa melonjak dalam waktu singkat. Metode menaikkan berat badan ini sukses dijalani belasan mahasiswa itu.

Akhirnya mereka diputuskan tidak layak untuk mengikuti wajib militer. Salah satu dari mereka kabarnya berhasil menaikkan berat badan sebesar 30 kilogram dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan.

Baca juga: Siswa di Korea Selatan Sengaja Makan Banyak Untuk Hindari Wajib Militer

Meski begitu, seorang mahasiswa yang dituduh menaikkan berat badan agar terhindar dari kewajibannya itu justru resmi dibebaskan oleh Pengadilan Distrik Incheon beberapa waktu lalu. Hal itu dikarenakan pria berusia 22 tahun tersebut memang tidak sengaja menggemukkan badan agar tidak ikut wamil.

Banyak saksi yang menyebut bahwa mahasiswa itu memang sudah memiliki kelebihan berat badan sejak berusia 10 tahun. Tuduhan itu sendiri muncul pada tahun 2016 lalu.

Mahasiswa yang tak ingin disebutkan namanya itu memiliki berat badan sebesar 106 kilogram dengan tinggi badan sekitar 169.6 centimeter. Jika dihitung, Body Mass Index (BMI) atau indeks massa tubuhnya sebesar 36.8 kg/m2. Angka itu lebih besar dibanding maksimal BMI warga yang diharuskan mengikuti wajib militer yakni sebesar 33 kg/m2.

Dituduh Makan Banyak Agar Tak Ikut Wamil, Mahasiswa Ini Justru Gemuk Sejak KecilFoto: Istock

Saat itu ia dituduh sengaja melahap fried chicken dan menenggak minuman beralkohol sebelum mengikuti tes. Tak hanya itu, ia juga disebut sengaja membongkokan tubuhnya agar tinggi badannya lebih rendah sehingga BMInya meningkat.

Semua tuduhan itu ditepis olehnya. Dilaporkan NextShark (18/4), setelah melihat berbagai bukti, sang hakim Shim Hyun-joo akhirnya percaya bahwa mahasiswa itu sudah gemuk sejak berusia 10 tahun. Shim juga menambahkan bahwa dirinya sulit menyimpulkan soal kenaikan berat badan yang disengaja pada mahasiswa itu. Sebab dirinya sudah memiliki berat badan sebesar 102 kilogram saat masih di bangku SMP.

Selain itu, tidak ada bukti akurat yang menunjukkan bahwa ia mengonsumsi obat atau suplemen guna membantu dirinya dalam menaikkan berat badan.

Baca juga: Ini 5 Makanan Unik yang Hanya Dimakan Orang Korea (dwa/odi)
Breaking News
×
Jelang Akhir Penghitungan Pilpres
Jelang Akhir Penghitungan Pilpres Selengkapnya