Kisah Aroma Tajam Sambal Terasi yang Disebut Bau Mayat Oleh Warga Prancis

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 17 Apr 2019 14:30 WIB
Foto: World of Buzz Foto: World of Buzz
Jakarta - Aroma sambal belacan yang khas sempat dikira aroma mayat busuk oleh seorang warga Prancis. Ia bahkan sempat melaporkan dugaannya ke pihak berwajib.

Kicauan akun @notorioustapir mendadak viral di media sosial. Sebab salah seorang netizen membagikan kisah menggelitik mengenai sambal belacan. Sambal belacan sendiri merupakan sambal pedas khas Malaysia yang terbuat dari campuran belacan atau terasi udang.

Kisah Aroma Tajam Sambal Terasi yang Disebut Bau Mayat Oleh Warga PrancisFoto: iStock

Awalnya akun tersebut bertanya, "Kesalahan terburuk apa yang pernah Anda alami di dapur?." Ia sendiri menjawab pertanyaan tersebut dengan mengungkap bahwa dirinya pernah menggoreng keropok kelor (otak-otak) dingin ke dalam minyak panas sehingga minyak yang ada meletup-letup.

Baca juga: Begini Caranya Bikin Sambal Terasi yang Sedap

Menanggapi pertanyaan itu, jawaban akun @thezulfo justru jadi sorotan. Ia menulis, "Ini pengalaman yang dialami istri teman saya yang ada di Prancis. Dia senang mendapat belacan jadi dia memanggang belacan itu di apartemennya untuk membuat sambal."

"Setelah itu, para petugas berwenang mengetuk pintunya untuk melakukan investigasi karena mereka mendapat laporan dari seorang tetangga mengenai dugaan aroma mayat dari kamar apartemennya," tambahnya.

Kisah Aroma Tajam Sambal Terasi yang Disebut Bau Mayat Oleh Warga PrancisFoto: World of Buzz

Akun itu bahkan menceritakan kalau tetangganya mengaku kalau aroma belacan panggang amat aneh lantaran tidak pernah ia hirup sebelumnya. Karena itu tetangganya curiga jika aroma tersebut berasal dari mayat yang sudah meninggal dalam waktu lama dan memutuskan untuk melaporkan kejanggalan itu pada pihak berwenang.

Sontak pengalaman itu jadi hiburan tersendiri bagi netizen asal Negeri Jiran. Sebab sambal belacan merupakan salah satu sambal favorit di sana. Sayangnya warga Prancis justru menyamakan aroma belacan atau terasi udang itu dengan aroma mayat yang busuk.

Dikutip dari World of Buzz (16/4), cuitan itu pun di-retweet sebanyak 21.000 pengguna dan mendapat sebanyak 11.300 like. Mereka juga meninggalkan komentar lengkap dengan emotikon tawa.

Kisah Aroma Tajam Sambal Terasi yang Disebut Bau Mayat Oleh Warga PrancisFoto: World of Buzz

"Bau mayat? weh sedihnya belacan kita dia samakan dengan bau mayat," tulis akun @syeerazak.

"Tunggu hingga mereka mencium sajian beraroma tajam dari Malaysia lainnya! MUAHAHA!," tulis lainnya.

"Kalau bawa durian.. pasti orang melaporkan adanya gas beracun," sahut lainnya.

Baca juga: Waduh! Kucing Ini Pingsan Saat Cium Aroma Durian yang Menyengat (dwa/odi)
Breaking News
×
Putusan Sengketa Pilpres 2019
Putusan Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya