Telur Mata Sapi Lebih Enak Kalau Dibuat dengan Cara Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 16 Apr 2019 05:13 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Telur mata sapi sering jadi menu sarapan. Mudah dibuat dan harganya terjangkau. Membuat telur mata sapi yang enak bisa dilakukan dengan cara ini.

Bagi Anda yang tidak terlalu jago masak, telur bisa menjadi masakan andalan. Telur yang mengandung gizi tinggi juga enak disajikan dengan nasi atau telur saat sarapan.
Telur telah menjadi salah satu menu makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Selain mudah dibuat, telur mata sapi juga nikmat, dan punya berbagai nutrisi penting untuk tubuh seperti protein dan omega 3.

Telur mata sapi memang mudah dibuat, tapi hasilnya pasti selalu berbeda. Ada yang kuningnya kematangan hingga putihnya belum terlalu matang.

Supaya telur mata sapi enak dan punya rasa gurih. Anda bisa membuat telur mata sapi yang direkomendasikan oleh Nick Korbee, chef dari Egg Shop di New York City.

Baca Juga: Malas Masak? 5 Resep Telur Praktis Ini Bisa Jadi Sajian Enak

1. Gunakan wajan anti lengket dan spatula silikon
Telur Mata Sapi Lebih Enak Kalau Dibuat dengan Cara IniFoto: Getty Images

Kalau ingin menghasilkan telur mata sapi setengah matang, gunkan saja wajan anti lengket. Wajan anti lengket atau teflon bisa mencegah telur menempel di wajan.

Meskipun sudah menambahkan minyak atau mentega. Wajan bisa masih berpotensi untuk membuat telur lengket di wajan. Bagi Anda yang ingin membuat telur mata sapi matang sempurna, bisa juga menggunakan teflon dan membaliknya dengan spatula berbahan silikon.

2. Gunakan telur segar

Menurut Korbee, dengan menggunakan telur yang segar, maka akan kecil kemungkinan putih telur akan berair. "Telur segar memiliki putih telur yang padat untuk membungkus kuning telur," jelasnya.

Jika Anda ingin tahu kesegarannya, ia mengatakan Anda bisa tahu dari seberapa berair atau tidam telur Anda saat dibuka. Korbee juga merekomendasikan untuk menaruh telur Anda sampai pada suhu kamar sebelum Anda gunakan jika sebelumnya disimpan dalam lemari es.

3. Gunakan minyak yang sesuai
Telur Mata Sapi Lebih Enak Kalau Dibuat dengan Cara IniFoto: istimewa

Korbee mengatakan bahwa ada dua minyak terbaik untuk menggoreng telur yaitu minyak zaitun dan canola. Minyak canola memiliki titik asap lebih tinggi, jadi itu pilihan yang baik jika Anda ingin mendapatkan hasil telur yang renyah. Tetapi jika tidak ingin renyah, maka gunakan minyak zaitun karena cukup di panaskan sebentar.

Anda juga bisa menggunakan mentega jika suka. Perlu diingat bahwa mentega memiliki titik asap yang lebih rendah daripada canola dan minyak zaitun. Maka telur akan lebih cepat gosong pada suhu tinggi, harus gunakan api kecil apabila ingin menggorengnya dengan mentega.

4. Panaskan minyak di wajan
Panaskan wajan anti lengket di atas api sedang-rendah atau sedang-tinggi, tergantung seberapa renyah telur yang Anda inginkan.

Tambahkan cukup minyak atau mentega untuk melapisi wajan secara merata. Putar wajan untuk memastikan sepenuhnya wajan terlapisi minyak.

5. Pecahkan telur dalam mangkuk terpisah

Pecahkan telur ke dalam mangkuk terpisah, lalu masukan ke wajan dari jarak dekat. Jangan jatuhkan telur dari atas karena akan membuat kuning telur pecah. Lalu biarkan matang sekitar tiga sampai empat menit.

Memecahkan telur dalam mangkuk terpisah sebelum digoreng juga dapat menghindari tercampurnya telur yang busuk ke dalam telur segar yang akan digoreng.

6. Sesuaikan tingkat kematangan
Telur Mata Sapi Lebih Enak Kalau Dibuat dengan Cara IniFoto: istimewa

Setelah putih dimasukan, Korbee mengatakan Anda dapat menutup wajan. Barkan uapnya ada supaya membantu telur matang selama dua hingga tiga menit, tergantung seberapa matang telur yang Anda inginkan.

"Cukup buka tutup wajan, sesuai tingkat kematangan yang Anda inginkan," katanya.

Jika Anda ingin telur Anda lebih menonjol ke atas, tidak perlu ditutup. Korbee biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit dalam memasak ini.

Saat telur Anda sudah matang, gunakan spatula untuk memindahkannya dari wajan ke piring yang sudah berlapis tisu atau kertas minyak. Tisu yang dapat menyerap minyak yang berlebih. Baru disini Anda masukan sedikit garam dan merica, lalu sajikan.

Baca Juga: Mau Bikin Olahan Telur Enak Buat Sarapan? Ini 9 Pilihan yang Praktis dan Enak (dvs/odi)