3 Jenis Tanggal Kedaluwarsa Ini Perlu Kamu Tahu Artinya

Shara Azzhara - detikFood Senin, 15 Apr 2019 10:28 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Di pasaran ada beberapa jenis tanggal kedaluwarsa yang kerap dipakai, khususnya pada produk makanan impor. Yuk kenali bedanya!

Saat berbelanja di swalayan, banyak pertimbangan untuk memilih produk mana yang akan masuk ke keranjang. Tentunya tanggal kedaluwarsa pada kemasan menjadi pertimbangan besar bagi hampir semua orang. Terlebih jika produk-produk di rumah sudah mendekati tanggal kedaluwarsa, kebanyakan orang langsung membuangnya.

Menurut US Departement of Agricultural, tanggal kedaluwarsa makanaan mengacu pada kualitas terbaik makanan. Peraturan sendiri tidak mengharuskan tanggal kedaluwarsa dilampirkan pada kemasan daging, telur, produk olahan susu, kaleng dan kotak maknan, kecuali untuk susu formula bayi. Namun hal ini dilakukan untuk memberikan panduan kepada konsumen dan penjual retail.

3 Jenis Tanggal Kedaluwarsa Ini Perlu Kamu Tahu ArtinyaFoto: Istimewa

Baca juga: 9 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi Meski Sudah Lewat Tanggal Kadaluarsa (1)

Ternyata label kedaluwarsa pada kemasan produk pun ada beberpa jenis. Dari berbagai jenis yang ada, Taste of Home (11/4) merangkum yang paling umum digunakan beserta artinya.

1. Best if Used By : Label ini menunjukkan kapan waktu konsumsi terbaik sebelum kualitas makanan menurun. Setelahnya, makanan masih tetap aman untuk dikonsumsi, namun kualitas rasa dan teksturnya tidak sebaik sebelumnya.

2. Use By : Label ini biasanya tertera pada makanan yang mudah busuk, seperti daging. Anda masih dapat mengolah makanan tersebut lewat sedikit dari tanggalnya namun jangan dibiarkan terlalu lama.

3. Sell By : Label ini merupakan petunjuk bagi penjual retail agar segera menjual produk. Biasanya, penjual akan menyusun produk dengan label agar segera terjual.

3 Jenis Tanggal Kedaluwarsa Ini Perlu Kamu Tahu ArtinyaFoto: Istimewa

Baca juga: Ini Fakta Soal Tanggal Kadaluarsa pada Makanan

Label panduan tanggal kedaluwarsa memang sangat membantu dalam mengonsumsi makanan pada kualitas terbaik. Namun fakta riset di Amerika menemukan bahwa 30% makanan terbuang dan menjadi sampah. Ternyata hal pendorongnya adalah kepatuhan masyarakat terhadap label kedaluwarsa produk. Karenanya, lebih baik membeli makanan dengan jumlah yang tidak berlebihan dan segera mengolah atau mengonsumsinya.

Cek terlebih dahulu kelayakan konsumsi produk sebelum membuangnya. Hal ini dapat diidentifikasi dengan melihat apakah makanan telah berubah warna atau rasa. Ini akan menghindari Anda dari tidakan membuang makanan yang masih layak dikonsumsi.

Baca juga: Setelah Dibuka dari Kemasan Minyak Goreng Harus Segera Dihabiskan, Ini Sebabnya

(adr/adr)