Momen Kulineran Politisi

Momen Mahfud MD Sarapan di Singkawang hingga Makanan Favoritnya di Padang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 12 Apr 2019 06:28 WIB
Foto: Twitter mohmahfudmd Foto: Twitter mohmahfudmd
Jakarta - Politisi senior Mahfud MD aktif membagikan aktivitasnya di Twitter. Soal kulineran, ia mengungkap momen sarapannya hingga makanan favorit kala di Padang.

Mahfud MD adalah Ketua Mahkamah Konstitusi periode tahun 2008-2013. Pria 61 tahun ini sekarang juga masih aktif dalam dunia politik. Ia sering membagikan opininya lewat kicauan di Twitter. Lewat media sosial ini pula, Mahfud memamerkan momen kulinerannya.

Baca Juga: 5 Tempat Makan di Jakarta Pusat Ini Jadi Favorit Para Politisi

1. Sarapan di Singkawang

Momen Mahfud MD Sarapan di Singkawang hingga Makanan Favoritnya di PadangFoto: Twitter mohmahfudmd

Belum lama ini Mahfud mampir ke Singkawang, Kalimantan Barat. Dalam kicauannya pada 3 Maret 2019, pria asal Madura ini menulis, "Sebelum silaturrajom dan dialog lintas etnis dan tokoh agama2 kami sarapan pagi dulu dgn Walokota Singkawang Bu Chui Mie dan Kapolres Pak Raymond di Restoran Rusen, Pusat Kota Singkawang."

Rusen merupakan kedai kopi tertua di Singkawang yang sudah ada sejak 1955. Selain kopi, Rusen Kopi Tiam punya menu favorit bernama Es Nam Mong. Es ini adalah hasil fermentasi jeruk kunci yang disimpan dalam stoples selama beberapa bulan. Cita rasa asam, manis, dan sedikit asin membuat es nam mong jadi favorit banyak orang. Selain di Rusen, sebelumnya Mahfud juga sarapan di Singkawang dengan menu secangkir teh hangat dan kerupuk. Momennya kali ini juga ditemani Bu Chui Mie.

2. Tempat makan favorit di Padang

Momen Mahfud MD Sarapan di Singkawang hingga Makanan Favoritnya di PadangFoto: Twitter mohmahfudmd

Tak jarang Mahfud membagikan informasi soal tempat makan enak di Twitternya. Seperti saat ia mampir ke Padang. Bersama beberapa rekannya, ia mampir ke Kedai Ikan Bakar KUN di kawasan Pulau Air. "Ini sdh yang kedua sy ke sini. Lezat juga," tulis Ketum Asosiasi Dosen HATN-HAN ini. Nampak ia mencicip ikan bakar dan pete udang di sini.

Ikan Bakar Djoni/Kun beralamat di Jl. Batang Arau No. 1. Banyak orang suka bersantap di sini karena lokasinya di tepian sungai. Menu andalan di sini adalah ikan bakar santan. Ikan kerapu dilumuri saus santan kemudian dibakar lagi sehingga rasanya gurih enak.

3. Kulineran di luar negeri

Momen Mahfud MD Sarapan di Singkawang hingga Makanan Favoritnya di PadangFoto: Twitter mohmahfudmd

Tak hanya di dalam negeri, kulineran Mahfud juga sampai ke luar negeri. Pilihan makanannya juga tak melulu mewah. Saat di Hong Kong, misalnya, ia sempatkan sarapan dengan menu sederhana. Ada kopi hangat dan beberapa hoti yang melengkapi paginya kala itu.

Di Adelaide, Australia, Mahfud juga pilih hangatkan tubuh dengan secangkir kopi. Lain lagi saat Mahfud ada di Jepang. Ia menikmati makan siang dengan menu lengkap bersama rekan dan relasinya di sana.

Baca Juga: Sarapan di Hong Kong, hingga Ngopi di New York Begini Gaya Kulineran Mahfud MD

4. Momen makan bareng politisi dan tokoh penting

Momen Mahfud MD Sarapan di Singkawang hingga Makanan Favoritnya di PadangFoto: Twitter mohmahfudmd

Sering kali Mahfud menikmati makanan bersama para politisi dan tokoh penting. Akhir Januari lalu, ia menikmati makan malam di rumah dinas Bupati Bone Bolango, Gorontalo. Ada juga Ketua DKPP dan Anggota Bawaslu yang hadir.

Di lain kesempatan, ia tak sengaja bertemu penyanyi sekaligus pendakwah, Opick saat di Medan. Mereka sama-sama sedang menikmati durian di Warung Durian SIBOLANG.

5. Makan di tempat sederhana

Momen Mahfud MD Sarapan di Singkawang hingga Makanan Favoritnya di PadangFoto: Twitter mohmahfudmd

Menikmati makanan di tempat sederhana bukan masalah untuk Mahfud. Di Lombok ia diajak menikmati makan bersama dengan penduduk dari 3 dusun. Semua dilakukan dalam rangka peresmian masjid sederhana yang dibangun pasca gempa di Desa Bonyotan Asli.

"Yg mengharukan sy diajak bagibung, makan bersama dari urunan penduduk dari 3 dusun. Ada yg menyumbang ayam, beras, telur, mie, daging, sayur2. Kemudian kami makan bersama," tulisnya.

(adr/odi)