Momen Kulineran Politisi

Mantan Politisi dan Koruptor Setnov Hingga Zumi Zola Juga Punya Makanan Favorit

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 11 Apr 2019 19:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Meski sudah tak menjabat jadi politisi. Politisi yang terjerat kasus korupsi ini ternyata punya makanan kesukaan. Keluarganya pun sering bawakan ke penjara.

Masih ingat dengan Setya Novanto dan Zumi Zola. Mantan politisi ini memiliki beberapa makanan kesukaan. Beberapa ada yang sering dinikmati sebelum mereka masuk penjara dan bahkan dibawakan oleh sang istri ke rutan saat menjenguk.

1. Setya Novanto

Mantan Politisi dan Koruptor Setnov Hingga Zumi Zola Juga Punya Makanan FavoritFoto: Instagram @s.novanto

Sebelum ditahan KPK mengenai kasus E-KTP, Setya Novanto memiliki kegiatan yang padat. Kalau sedang bertugas, ia pun sengaja menikmati makanan enak favorritnya. Saat mengunjungi pedagang pasar, pria yang sering disapa Setnov ini pun mampir di warung untuk menyantap soto ayam dan nasi rawon.

Selain itu, Setnov juga beberapa kali tertangkap kamera saat sedang menikmati nasi goreng. Bahkan ketika di datangi oleh Najwa Shihab di Lapas Sukamiskin Bandung, Setnov mengaku membeli makanan nasi goreng karena bosan dengan makanan di lapas.

Baca juga: Jadi Tersangka KPK, Ini Momen Makan Enak Ketum PPP Romahurmuziy Bersama Politisi

2. Zumi Zola

Mantan Politisi dan Koruptor Setnov Hingga Zumi Zola Juga Punya Makanan FavoritFoto: Istimewa

Mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola ternyata menyukai makanan tradisional. Kepada detikFood, Zumi Zola menyukai makanan khas Jambi seperti pempek, tempoyak hingga kue padamaran.

Tempoyak yang dimasak dengan ikan patin dan kue padamaran jadi salah satu makanan yang ia suka.

Kue padamaran ini merupakan kue bertekstur lembut khas Jambi. Kue berwarna hijau ini merupakan kue basah tradisional yang terbuat dari tepung beras, gula merah, kuah santan serta perasan air daun suji.

Zumi Zola menerima vonis 6 tahun penjara karena terbukti menerima gratifikasi yaitu uang sebesar Rp 37.477.000.000.

3. Romahurmuziy

Mantan Politisi dan Koruptor Setnov Hingga Zumi Zola Juga Punya Makanan FavoritFoto: Instagram @romahurmuziy


Ketua Umum PPP Romahurmuziy ditangkap tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Surabaya, Jawa Timur. Makanan tradisional selalu dinikmati oleh pria yang dikenal dengan nama Romy.

Salah satu makanan yang ia suka adalah soto ayam. Soto dengan paduan kuah gurih makin enak dinikmati bersama dengan sate ati empela hingga gorengan.

4. Nazaruddin

Mantan Politisi dan Koruptor Setnov Hingga Zumi Zola Juga Punya Makanan FavoritFoto: Dok. Mata Najwa-Trans7-Narasi

Mantan politisi Indonesia dari Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009-2014 dari Partai Demokrat ini jadi salah satu sorotan saat ada penggeledahan lapas Sukamiskin.

Sering dikunjungi sang istri, Nazaruddin pun ternyata sangat menyukai buah-buahan segar. Sayuran juga jadi salah satu makanan favoritnya.

5. Luthfi Hasan Ishaaq

Mantan Politisi dan Koruptor Setnov Hingga Zumi Zola Juga Punya Makanan FavoritFoto: detikFood

Luthfi Hasan Ishaaq, terpidana 18 tahun penjara dalam kasus korupsi impor daging sapi punya makanan kesukaan. Dalam kunjungan ke rutan, istri Luthfi Hasan membawakan rawon kesukaan sang suami.

Rawon dengan paduan kuah hitam yang gurih dengan campuran daging ternyata jadi makanan kesukaan Luthfi. Enak dimakan dengan telur asin dan sambal.

Baca juga: Begini Gaya Makan Istri Zumi Zola yang Ngaku Kaya dari Kakeknya (lus/odi)