Selain di Indonesia, Para Politisi Ini Juga Sering Kulineran di Luar Negeri

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 11 Apr 2019 17:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bertepatan dengan kegiatan ke beberapa negara banyak politisi yang sempatkan diri untuk kulineran. Juga menghadiri acara jamuan makan spesial di luar negeri.

Menjadi politisi dan petinggi negara, akan dipenuhi berbagai jadwal kunjungan dan segudang aktivitas lainnya. Tak hanya keliling Indonesia sambil mencicipi makanan khas di setiap daerah, banyak juga politisi yang menyempatkan diri untuk kulineran saat tengah berkunjung ke luar negeri.

Baca Juga: Romantis! 5 Politisi Ini Sering Makan Bareng Istri Tercinta


1. Jokowi

Selain di Indonesia, Para Politisi Ini Juga Sering Kulineran di Luar NegeriFoto: Istimewa

Sebagai Presiden RI, Jokowi punya jadwal yang sangat padat. Ia sering berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, hingga menyelesaikan beberapa agenda penting di luar negeri.

Contohnya saat ia tengah berkunjung ke Singapura pada akhir tahun 2018. Usai menyelesaikan agendanya, presiden dengan kepribadian sederhana ini memilih untuk makan bebek kremes, di salah satu pusat perbelanjaan di Singapura. Jokowi sengaja mencari hidangan khas Indonesia, karena dia ingin melihat makanan Indonesia di negara lain.


2. Retno Masurdi

Selain di Indonesia, Para Politisi Ini Juga Sering Kulineran di Luar NegeriFoto: Istimewa

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sering mencicipi berbagai kuliner dari negara yang dikunjunginya. Ia sering membagikan momen kulinerannya yang seru ini, lewat akun Instagram miliknya. Tak terhitung berapa banyak makanan yang pernah dicicipinya dari setiap negara.

Saat ia berkunjung ke Malaysia untuk menghadiri pertemuan bilateral tahunan, atau Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) Indonesia - Malaysia, di akhir tahun 2018. Retno sempat mengajak timnya untuk makan siang di warung makan yang punya sajian nasi kerabu. Hidangan khas Malaysia, yang berasal dari wilayah pesisir timur Malaysia, seperti Kelantan dan Terengganu.


3. Fadli Zon

Selain di Indonesia, Para Politisi Ini Juga Sering Kulineran di Luar NegeriFoto: Istimewa

Waketum Partai Gerindra Fadli Zon, terkenal dengan berbagai pernyataannya yang terbilang cukup kontroversial. Tak heran Fadli sering menjadi sorotan di internet, terutama di Twitter.

Berbeda dengan politisi yang lain, Fadli ternyata gemar menyantap kuliner ekstrem. Salah satunya ketika ia mengunggah foto tengah mencicipi sate kalajengking di Siem Reap, Kamboja, pada tahun 2017 lalu.


4. Hadi Tjahjanto

Selain di Indonesia, Para Politisi Ini Juga Sering Kulineran di Luar NegeriFoto: Istimewa

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, punya kepribadian yang ramah. Beberapa kesempatan, momen kulinerannya juga tak kalah menarik perhatian. Seperti ketika ia berkunjung ke Brunei Darussalam.

Saat itu Hadi tengah menghadiri undangan jamuan makan malam yang spesial, di Istana Nurul Iman. Untuk merayakan hari ulang tahun Sultan Haji Hassanal Bolkiah yang ke-72.


5. Airlangga Hartarto
Selain di Indonesia, Para Politisi Ini Juga Sering Kulineran di Luar NegeriFoto: Istimewa
Sejak mudah sudah aktif di berbagai organisasi, sosok politisi Airlannga Hartarto yang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar, juga sering membagikan momen kulinerannya di Instagram.

Selain sering masak di rumah, sambil makan bersama keluarga. Airlangga juga sering melakukan kunjungan ke berbagai negara. Salah satunya negara Jerman. Saat itu Airlangga sempat membagikan momennya saat sarapan dengan beberapa petinggi pemerintahan Jerman, dengan aneka roti dan buah segar.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi Cicipi Kuliner Bantul Hingga Bogor (sob/odi)