Momen Kulineran Politisi

Prabowo hingga Ma'ruf Amin Punya Menu Sarapan Favorit yang Sederhana

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 11 Apr 2019 06:17 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebagai politisi, tentunya memiliki segudang aktivitas dan kegiatan. Untuk menopang padatnya rutinitas ini, banyak politisi yang memilih menu sarapan lengkap.

Tak jauh-jauh dari makanan kesukaan para politisi dan pejabat di Indonesia. Menu sarapan para petinggi ini tak jauh dari hidangan tradisional Indonesia.

Mulai dari Ma'ruf Amin dan Prabowo yang gemar sarapan dengan nasi goreng, hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang hobi sarapan dengan nasi uduk.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Khas Jateng Ini Pernah Dinikmati Ganjar Pranowo


1. Ahok

Prabowo hingga Ma'ruf Amin Punya Menu Sarapan Favorit yang SederhanaFoto: Istimewa
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, punya menu sarapan sehat yang selalu rutin dikonsumsinya setiap pagi. Ditengah kesibukannya, ia selalu sarapan dengan oatmeal, madu, hingga gula aren. Tak lupa ia juga menggabungkan buah-buahan.

Selain itu buah pisang tak pernah absen sebagai menu sarapan Ahok. Menu sarapan sehat ini juga ditunjang dengan rutinitas olahraga pagi rutin, untuk menjaga tubuhnya tetap bugar.


2. Ma'ruf Amin

Prabowo hingga Ma'ruf Amin Punya Menu Sarapan Favorit yang SederhanaFoto: Istimewa
Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia, Cawapres pada putaran pemilihan Presiden Indonesia 2019. Beliau dikenal dengan sosok yang sederhana, pilihan makanannya pun tidak jauh dari kepribadiannya.

Dalam beberapa sesi wawancara beliau sempat menuturkan bahwa menu sarapan kesukaannya ada nasi goreng, dengan telur mata sapi. Lauk pelengkapnya ada ayam goreng, sambal, kecap, hingga kerupuk ikan dan udang.


3. AHY

Prabowo hingga Ma'ruf Amin Punya Menu Sarapan Favorit yang SederhanaFoto: Istimewa
Komandan Kogasma Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), penggemar berat makanan Indonesia. Menu sarapannya juga tak berbeda jauh, menurut sang istri, Annisa Pohan, ada beberapa makanan yang digemarinya. Salah satunya sarapan dengan telur mata sapi.

Dalam beberapa kesempatan, AHY juga sering terlihat memilih menu nasi uduk sederhana sebagai menu sarapannya. Ia memilih menu nasi uduk, lengkap dengan telur balado, bihun, orek tempe kering, gorengan, serta kerupuk untuk sarapan.


4. Prabowo

Prabowo hingga Ma'ruf Amin Punya Menu Sarapan Favorit yang SederhanaFoto: Istimewa

Calon presiden Republik Indonesia (RI) nomor urut 2, Prabowo Subianto punya menu sarapan favorit. Hampir mirip dengan Ma'ruf Amin, politisi dari Partai Gerindra ini rupanya juga gemar sarapan dengan nasi goreng.

Biasanya Prabowo sarapan dengan nasi goreng sehari-harinya. Selain nasi goreng, ia juga sering sarapan dengan aneka kukusan sehat seperti jagung, pisang, dan ubi.


5. Susi Pudjiastuti

Prabowo hingga Ma'ruf Amin Punya Menu Sarapan Favorit yang SederhanaFoto: Istimewa
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dikenal dengan gaya nyentriknya. Salah satu kebiasaannya saat sarapan, adalah dengan menikmati secangkir kopi hangat.

Selain itu Susi juga gemar sarapan dengan ikan lemuru, hasil tangkapan nelayan di Bali. Menurut Susi, ikan lemuru ini baik untuk sarapan karena mengandung lemak yang bermanfaat. Biasanya ikan lemuru cocok dihidangkan sebagai sup hangat.

Baca Juga: Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien hingga Iriana Jokowi

(sob/odi)