Momen Kulineran Politisi

Menlu Retno Marsudi Cicipi Kuliner Bantul Hingga Bogor

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 10 Apr 2019 16:50 WIB
Foto: Muhammad Fida/detikcom Foto: Muhammad Fida/detikcom
Jakarta - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi memang hobi kulineran. Selain di Jakarta, ia juga gemar cicip makanan enak di Bantul hingga Bogor.

Pemilik nama asli Retno Lestari Priansari merupakan Menteri Luar Negeri perempuan pertama Indonesia. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Belanda di Den Haag.

Sering bepergian ke luar negeri, Retno tetap mencintai makanan Indonesia. Bahkan jika sedang ada kunjungan kerja ke berbagai daerah, ia sempatkan untuk mencicip kulineran tradisional yang terkenal.

Berikut ini beberapa kota yang punya tempat makan favorit Retno Marsudi.

1. Bantul

Menlu Retno Marsudi Cicipi Kuliner Bantul Hingga BogorFoto: Instagram@retno_marsudi

Warung Mangut Lele Mbah Marto. Warung ini memang jadi yang populer karena proses memasaknya masih tradisional. Cara membelinya juga tak dilayani, para pengunjung bisa mengambil sendiri makanan langsung dari dapur.

Mangut lele yang dimasak dengan bumbu mlekoh ini diasap terlebih dulu sehingga memiliki aroma yang sedap. Menurut Retno dalam akun Instagramnya, rasa mangut lele milik Mbah Marto ini enak dan pedas banget. Lokasi warung ini ada di Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

2. Bandung

Menlu Retno Marsudi Cicipi Kuliner Bantul Hingga BogorFoto: Instagram@retno_marsudi

Bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Retno bersama dengan tim diajak makan bersama di salah satu restoran khas Sunda bernama Sambara. Retno sangat menyukai makanan khas Bandung seperti batagor, mie yamin hingga karedok.

Menu yang dicicip ada ayam bakar hingga tumis daun pepaya yang raos pisan. Selain itu ada juga gepuk manis dengan paduan sambal enak.

3. Bogor

Menlu Retno Marsudi Cicipi Kuliner Bantul Hingga BogorFoto: Instagram@retno_marsudi

Selepas rapat dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Retno mampir ke warung sunda langganannya di Baranangsiang.

Warung sunda ini beranama Nasi Dulang Cianjur Rahmawati yang ada di Jalan Raya Bina Marga No. 1 B Baranangsiang, Bogor. Di sini ada banyak sekali menu yang dijual mulai dari ikan mas goreng, tumis daun pepaya, ayam goreng kampung, jengkol, hingga cumi.

Ada beragam sambal yang pedas dan nikmat. Kalau ke sini Retno punya menu favorit yaitu ikan mas bumbu kuning dan tumis daun pepaya. Enak!

Baca juga: Nasi Dulang dengan Sambal Dadak Favorit Artis Hingga Para Menteri

4. Madiun

Menlu Retno Marsudi Cicipi Kuliner Bantul Hingga BogorFoto: Instagram@retno_marsudi

"Nikmatnya Pecel Madiun 99," tulis Retno dalam akun Instagram pribadinya. Pecel khas Madiun ini ternyata jadi salah satu tempat makan favoritnya. Menunya selain pecel sayuran, ada juga aneka lauk enak.

Mulai dari telur ceplok, sate paru, bacem tahu, tempe hingga telur asin. Wanita yang disebut dengan Srikandi Indoensia ini mencicip nasi pecel dengan tatakan daun pisang. Nyam! Terlihat enak dengan paduan lauk berupa perkedel hingga ayam goreng.

Depot Nasi Pecel 99 berlokasi di Jalan Cokroaminoto No. 99, Kota Madiun, Jawa Timur. Selain Retno, rumah makan ini juga jadi favorit mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudhoyono.

5. Jakarta

Menlu Retno Marsudi Cicipi Kuliner Bantul Hingga BogorFoto: Instagram@retno_marsudi

Makan siang bersama dengan Kepala Perwakilan RI wanita yang ditempatkan dipenjuru dunia. Bersama dengan wanita-wanita cantik ini, Retno makan siang di Kantin Diplomasi.

Kantin Diplomasi merupakan inovasi kantin di Kemlu yang dibangun dengan konsep eco friendly building, ramah lingkungan dan cahaya natural. Dikelilingi oleh kaca, di kantin ini banyak sekali pilihan makanan yang bisa dicoba.

Selain sajikan makanan berat seperti nasi rames hingga soto. Anda dan para karyawan juga bisa menikmati kopi enak sekaligus mengerjakan tuga kantor karena dilengkapi dengan fasilitas wifi.

Kalau ada tamu diplomat asing, Retno pun sering mengajak untuk menikmati makanan di kantin ini.

Baca juga: Ini Bukti Menlu Retno Marsudi Sering Promosikan Kuliner Indonesia (lus/odi)