Momen Kulineran Politisi

Cinta Kopi dan Makanan Indonesia, Ini 5 Fakta Kulineran Triawan Munaf

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 09 Apr 2019 13:30 WIB
Foto: Instagram triawanmunaf
Jakarta - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf terkenal sangat suka kopi. Selain itu, ada fakta menarik lain soal Triawan dan kuliner pilihannya.

Triawan kerap membagikan foto-foto aktivitasnya di Instagram @triawanmunaf. Sebanyak 115 ribu followersnya pun bisa mengintip makanan favorit ayah penyanyi Sherina Munaf ini. Berikut 5 fakta soal Triawan dan makanan favoritnya.

1. Pencinta kopi

Cinta Kopi dan Makanan Indonesia, Ini 5 Fakta Kulineran Triawan MunafFoto: Instagram triawanmunaf

Pria 60 tahun ini sangat suka kopi terutama kopi-kopi khas Indonesia. Dalam unggahannya di Instagram, Triawan pernah mengumumkan kopi Toraja Pulu-pulu adalan favoritnya. "Selain kopi Toraja Sinjai, kopi Toraja Kalosi, dan Toraja Sapan Minanga yang pernah saya coba dan suka, tapi kopi Toraja Pulu-pulu inilah yang paling nikmat rasanya. Ada rasa chocolately yang lemony. Kabarnya Kopi Toraja Pulu-pulu ini semakin susah didapat," kata Triawan kala itu.

Ia juga menyukai biji kopi Solok Raja. Bagi Triawan, kopi dari Sumatera Barat ini tak membuat jantungnya berdebar dan kehilangan rasa kantuk. Kopi Solok Raja justru memberi efek 'soothing' dan menenangkan untuk dirinya.

Baca Juga: Pencinta Kopi, Begini 10 Gaya Ngopi Triawan Munaf yang Kekinian

2. Bisa meracik kopi sendiri

Cinta Kopi dan Makanan Indonesia, Ini 5 Fakta Kulineran Triawan MunafFoto: Instagram triawanmunaf

Tak hanya menikmati kopi di kafe, Triawan bisa meracik kopi sendiri. Dalam YouTube Rans Entertainment, ayah 3 anak ini unjuk kebolehan meracik kopi sendiri dengan alat yang ada di kantornya. Menurut Triawan ia hanya menikmati 2 cangkir kopi setiap hari.

Fakta menarik lainnya adalah Triawan pernah belajar menjadi barista di tahun 2011. Tak heran Triawan menguasai teknik brewing kopi yang benar. Saat minum kopi ia merekomendasikan untuk menyeruput, bukan menenggaknya sekaligus.

3. Mendukung promosi kuliner Indonesia di luar negeri

Cinta Kopi dan Makanan Indonesia, Ini 5 Fakta Kulineran Triawan MunafFoto: Instagram triawanmunaf

Sebagai Kepala Bekraf, Triawan juga mendukung promosi kuliner Indonesia di luar negeri. Saat di London, ia sempatkan mampir ke Kaki Lima, gerai jajanan khas Indonesia yang dibuat dua bersaudara asal Indonesia. Kaki Lima menyajikan soto dan sambal untuk turis yang mau mencoba.

Ia juga sempat membawa beberapa rekannya untuk mencicip Kaki Lima saat gelaran London Book Fair 2019. "'Unity in Diversoto' at London Book Fair 2019. A spoonful of Indonesian warmth...#Soto #kakilimalondon," tulisnya kala itu.

4. Doyan makanan Indonesia

Cinta Kopi dan Makanan Indonesia, Ini 5 Fakta Kulineran Triawan MunafFoto: Instagram triawanmunaf

Dalam beberapa kesempatan, suami Luki Ariani ini juga menunjukkan kecintaannya pada makanan Indonesia. Awal Januari lalu ia mengaku punya menu favorit baru. Triawan menulis, "Menu favorit baru saya: Iga Asam. Pakai kerupuk, sambal, ikan asin dan nasi merah. 👌🏼"

Triawan juga pernah mencoba gulai kepala ikan di RM Medan Baru Krekot. Untuk sajian manis ia kerap mengidamkan bubur kampiun. "Kuliner Indonesia memang maknyus...," tulisnya.

5. Pencinta jajanan khas Bandung

Cinta Kopi dan Makanan Indonesia, Ini 5 Fakta Kulineran Triawan MunafFoto: Instagram triawanmunaf

Lahir di Bandung membuat Triawan begitu menyukai kuliner khas kota asalnya. Ia mengatakan dietnya hancur saat pulang dari Bandung karena tak tahan mencicip beragam kuliner enak di Kota Kembang ini. Beberapa rekomendasinya adalah penjual kerupuk aci di pinggir Jalan Kemuning dan Dapur Nita Aswin di Terusan Ciliwung.

"Restoran TIZI di Jl. Kidang Pananjung yg rasa masakannya tidak pernah berubah sejak th 70an, di sini saya ambil pesanan saya: roti "Casserole". Hingga Restoran 'Hong Sin' di Jl. Banceuy, tempat keluarga menikmati "Yam Ca" atau Dimsum di hari minggu pagi. Ceker ayamnya memang unik, tidak ada yg bisa menyamakan kelezatannya," tulis Triawan.

Baca Juga: Ayam Goreng hingga Sate Kere, 5 Sajian Favorit Jokowi di Solo
(adr/odi)