Momen Kulineran Politisi

Ayam Goreng hingga Sate Kere, 5 Sajian Favorit Jokowi di Solo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 08 Apr 2019 15:05 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Solo - Saat berkunjung ke kampung halaman, Jokowi suka menyantap lima makanan ini. Ada racikan soto ayam hingga sate kere sederhana yang jadi favoritnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak melewatkan makan enak ketika pulang ke Solo. Kabarnya lima tempat makan ini merupakan favorit Jokowi dan keluarga. Kamu sudah pernah coba?

1. Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam Goreng hingga Sate Kere, 5 Sajian Favorit Jokowi di SoloFoto: Istimewa

Nama Ayam Goreng Mbah Karto semakin populer usai cucu Jokowi, Jan Ethes mengaku doyan olahan ayam goreng di sini. Ayam Goreng Mbah Karto berlokasi di Jl. Jaksa Agung Raya Suprapto No.8, Gabusan, Sukoharjo. Jokowi dan keluarga sudah sering mampir ke sini bahkan sebelum ia menjabat sebagai Walikota Solo.

Menu favoritnya adalah ayam goreng plus sambal blondo (sambal yang hitam). Racikan ayam goreng di sini nikmat karena menggunakan ayam kampung berusia 3 bulan. Ayam lalu dibumbui bacem, bawang putih dan rempah, diungkep di atas api kayu bakar. Konon cara masak ini yang bikin ayam gorengnya sedap.

Baca Juga: Begini Lezatnya Ayam Goreng Plus Sambal Blondo Favorit Presiden Jokowi

2. Soto Gading

Ayam Goreng hingga Sate Kere, 5 Sajian Favorit Jokowi di SoloFoto: Istimewa

Yang juga sangat disukai Jokowi dan keluarga adalah Soto Gading. Soto di Jl. Brigjen Katamso ini juga merupakan favorit para presiden Indonesia seperti Soeharto, Megawati, dan SBY. Racikan sotonya sederhana, berupa soto kuah bening dengan isian suun, suwiran ayam dan ditaburi bawang merah goreng seta seledri.

Soto bisa dinikmati dengan campuran nasi atau nasi dipisah. Lauk pelengkapnya beragam dan dihidangkan di atas meja. Mulai dari perkedel, tempe bace, sate usus, paru goreng, sae telur putuh, sosis solo, babat, dan lainnya.

Baca Juga: Pulang ke Solo, Presiden Jokowi Ajak Keluarga Makan Soto Gading

3. Sate Kambing Ibu Hj. Bejo

Ayam Goreng hingga Sate Kere, 5 Sajian Favorit Jokowi di SoloFoto: Istimewa

Ilustrasi: dok. detikFood
Berlokasi di Lojiwetan, sate kambing racikan Ibu Hj. Bejo jadi kesukaan Jokowi. Warung sederhana ini sudah sekitar 50 tahun berdiri dengan menu andalan sate buntel, sate kambing, tengkleng, gule, tongseng, dan nasi goreng kambing.

Anak pemilik warung sate ini pernah mengungkap menu favorit Jokowi adalah sate buntel, sate kambing, dan tengkleng. Sate kambing di sini disukai karena dagingnya empuk, dibuat memakai kambing gemuk yang usianya masih muda. Pelengkap sate kambing adalah bumbu kecap dengan irisan cabai rawit dan tomat segar.

4. Gudeg Ceker Mbak Yus

Ayam Goreng hingga Sate Kere, 5 Sajian Favorit Jokowi di SoloFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Solo juga terkenal dengan racikan gudegnya yang nikmat. Jokowi menyukai racikan Mbak Yus yang ada di Jl. RA Kartini No.12, Timuran. Penjualnya, Yustina sempat mengungkap kalau Jokowi sudah sering mampir makan gudeg buatannya sebelum ia menjadi Walikota Solo.

Selain nasi gudeg, Mbak Yus juga menjajakan bubur gudeg. Konon favorit Jokowi adalah bubur gudeg komplet dengan lauk opor ayam bagian paha atas. Bubur gudeg ini enak karena teksturnya lembut dak kental. Pelengkapnya juga beragam seperti telur pindang dan sambal goreng krecek.

Baca Juga: Mbak Yus: Ini Lho Bubur Gudeg Solo Berlauk Opor Ayam Favorit Presiden Jokowi

5. Sate Kere Mbak Tugiyem

Ayam Goreng hingga Sate Kere, 5 Sajian Favorit Jokowi di SoloFoto: Istimewa

Foto: detikcom
Menu khas Solo ini unik karena mengusung nama 'kere' yang berarti miskin. Sate kere dibuat dari tempe gembus yang merupakan ampas tahu. Sate ini jadi alternatif sate enak dan murah dibanding sate daging ayam atau sapi. Jokowi menyukai sate kere buatan Mbak Tugiyem.

Sehari-hari Mbak Tugiyem berjualan di Jalan Arifin, Kepatihan Kulon. Ada beberapa jenis sate yang ditawarkan Mbak Tugiyem yaitu daging sapi, jerohan, tempe kedelai dan gembus. Sate lalu disajikan bersama lontong dan sambal kacang. Saat pernikahan Kahiyang dan Bobby, Mbak Tugiyem bahkan mendapat pesanan 4 ribu porsi sate kere.

Baca Juga: Cabuk Rambak, Sate Kere dan Gudeg Solo Akan Dihidangkan di Pernikahan Kahiyang

(adr/odi)