Yang Enak di Bogor

Ada Swedish Meatballs Hingga Dessert Swedia di Kafe Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 07 Apr 2019 13:16 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
FOKUS BERITA Yang Enak di Bogor
Jakarta - Stockholm Syndrome jadi kafe baru yang jadi incaran anak muda. Dimiliki oleh orang Swedia, makanannya pun semuanya khas dari Swedia.

Samim Zarin, pemilik kafe Stockholm Syndrome adalah orang Swedia yang sudah tiga tahun tinggal di Bogor. Stockholm Syndrome berlokasi di Jalan Pulo Armin No. 15, Bogor.

Stockholm sendiri diambil dari nama Ibu Kota Swedia. "Konsep dari kafe ini, kita mau campur budaya Swedia karena saya dari Swedia dan istri saya Indonesia dari Bogor," tutur Samim kepada detikFood (02/04).

Baca juga: Serunya Hangout Bareng Pasangan di 5 Kafe Hits di Bogor

Bertemu ketika sama-sama sekolah di Jepang, Samim dan juga sang istri pun sering berjalan-jalan mencicip banyak kafe di berbagai negara. "Kita suka jalan-jalan dan makan. Saya dan istri suka masak jadi suka memasak bareng-bareng," cerita Samim.

Ada Swedish Meatballs Hingga Dessert Enak Khas Swedia di Kafe IniFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Stockholm Syndrome memiliki interior yang minimalis dengan dua ruang berbeda. Untuk yang indoor, Anda bisa melihat proses meracik kopi dengan jajaran meja dan kursi. Sedangkan di bagian luar terdapat halaman hijau yang memiliki suasana yang lebih nyaman untuk sekedar ngemil dan ngopi.

Di sini menunya ada Swedish Meatballs, Herbed Chicken, Pasta From the Ocean, Pasta Aglio Olio, Japanese Chicken Salad hingga Swedih Pancakes.

Samim mengaku semua menu yang dibuat di sini adalah resep keluarganya di Swedia. "Di Swedia setiap keluarga memiliki resep tersendiri dan berbeda-beda. Kalau saya dan keluarga lebih suka makanan dengan rempah yang kuat," jelasnya pria ramah ini.

Salah satu menu yang bisa dicoba adalah Herbed Chicken. "Ayamnya dimarinasi dengan rempah khas Swedia, Eropa Barat seperti rosemary dan thyme," tambahnya.

Ada Swedish Meatballs Hingga Dessert Enak Khas Swedia di Kafe IniFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Selain itu ada juga Swedish Meatball yang terdiri dari bola-bola daging, mashed potato, saus jamur, acar timun homemade dengan selai cranberry. Selai ini punya sensasi rasa manis dan asam sehingga cocok dipadukan dengan daging.

Karena orang Swedia gemar memancing. Samim juga punya menu pasta yang dipadu dengan ikan sarden. Rasanya juga gurih karena ditambahkan dengan bawang bombay, lime juice, parsley, bawang putih dan breadcrumbs.

Ada Swedish Meatballs Hingga Dessert Enak Khas Swedia di Kafe IniFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Untuk dessert, Swedih Pancakesnya berbeda dengan Amerika, Kanada dan Jepang. "Bukan crepes yang kering namun teksturnya masih lembek," pungkasnya.

Ada juga Chocolate Ball yang tak dipanggang. Bola-bola cokelat ini dibuat dari gandum lumat dan keras kemudian dicampur dengan butter, gula dan parutan kelapa. Rasanya enak dan sangat cocok dinikmati oleh lidah Indonesia.

Harga makanan di sini dijual dari mulai Rp. 8.000 hingga Rp 45.000. Tidak hanya punya rasa yang enak, Samim pun selalu menyambut pengunjung dengan ramah dan bersedia menjelaskan makanan Swedia yang ia jual sebagai pilihan Anda.

Baca juga: 5 Kafe Paling Instagramable di Bogor, Mana Favoritmu?


Ada Swedish Meatballs Hingga Dessert  Swedia di Kafe Ini
(lus/odi)
FOKUS BERITA Yang Enak di Bogor