Botol Edisi Lama Coca-Cola Akan Dijual Seharga Rp 1,4 Miliar

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 03 Apr 2019 11:09 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sudah ada sejak dulu, Coca-cola jadi minuman favorit banyak orang. Terus berganti kemasan, botol edisi lama minuman soda ini akan dijual dengan harga fantastis.

Botol minuman bersoda dinilai tak terlalu berharga dibandingkan dengan botol minuman beralkohol. Padahal botol Coca-cola ini akan dijual di pelelangan akhir bulan ini dan dibuka dengan harga Rp 1,4 milyar.

Seperti yang diketahui bahwa Coca-Cola adalah minuman berkarbonasi yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, AS.

Di Indonesia sendiri Coca-Cola hadir sekitar tahun 1927, pada saat itu Coca-Cola di bawa oleh Belanda ke Indonesia. Hingga saat ini telah banyak didirikan pabrik Coca-Cola yang beroperasi di berbagai provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Pertama Kali Dibuat di Dunia, Coke Rasa Jeruk dan Vanila

Botol Edisi Lama Coca-Cola Akan di Jual Seharga Rp 1,4 MilarFoto: Istimewa


Botol Coca-Cola saat ini ditawarkan untuk penawaran di situs Morphy Auctions. "Botol tahun 1915 ini adalah satu-satunya botol yang dikenal, dimana jenis tulisannya timbul," jelasnya kepada Food & Wine (1/4/2019).

"Pengumpulan botol ini akan ditingkat lanjutkan karena kami telah konsultasikan dan menganggap ini sangat langka dan penting." Morphy Auctions sendiri adalah situs pilihan nomor 1 yang diskriminatif dalam hal membeli atau menjual barang antik dan seni rupa.

Menurut Morphy, pada tahun 1915, Coca-Cola telah menyusun rencana untuk membuat desain botol ikonik yang sesuai dengan mereknya. Delapan toko pembuatan botol kaca telah memberikan desain terbaik, tetapi desain dari Earl R. Dean di Root Glass Company yang menang.

Botol Edisi Lama Coca-Cola Akan di Jual Seharga Rp 1,4 MilarFoto: Istimewa

Namun, saat itu Cola-Cola menyadari bahwa, perubahan harus dilakukan agar lebih praktis dan harus sesuai dengan mesin pembotolan modern saat ini. Akibatnya, botol ini, dijuluki sebagai "Coca-Cola Root Glass Co. Modified Prototype Bottle," yang tampaknya desain ini menjadi desain yang dikenal oleh para kolektor dan konsumen saat ini maka terlihat sangat langka, antik, dan juga termasuk alasan bahwa botol ini akan memiliki harga jual yang tinggi.

Botol antik ini baru ditemukan beberapa hari saat sedang memilah-milah koleksi Coca-Cola yang ditemui oleh karyawan pensiunan Coca-Cola yang bekerja di Chapman Root, dan dikatakan botol itu tidak memiliki retakan dan tidak pecah. Morphy memperkirakan botol tahun ini akan dijual dengan harga Rp 1,4 Milyar bahkan lebih.

Saat ini sudah memiliki satu penawaran dengan tawaran minimum 800 juta. Penawaran ini akan ditutup hanya dalam waktu kurang dari dua minggu.

Baca Juga: Minum Soda Berlebihan Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar


Saksikan juga video 'Kini Ada Coca-Cola Rasa Jahe di Australia':

[Gambas:Video 20detik]

(lus/lus)