Bukan Sosis, Ini Bakso Panjang yang Gurih Mantap dari Sleman

Bagus Kurniawan - detikFood Selasa, 02 Apr 2019 15:22 WIB
Foto: Bagus Kurniawan/detikfood Foto: Bagus Kurniawan/detikfood
Jakarta - Bagi penggemar bakso, bakso yang satu ini wajib dicoba. Bentuk bakso di sini bukan bulat tetapi bulat memanjang mirip sosis sapi. Rasanya mantap!

Namanya warung bakso panjang 'Tresno Roso'. Warung dini terletak di Dusun Ngepringan, Desa Sendangrejo Kecamatan Minggir Sleman. Meski di pinggiran kota tapi kelezatan bakso panjang ini sudah kondang.

Warung bakso panjang milik Darimin ini bentuknya memang unik, panjang mirip sosis. Dari segi rasa, tidak ada bedanya dengan bakso-bakso khas Wonogiri yang kuat rasa bawang putihnya.
Bukan Sosis, Ini Bakso Panjang yang Gurih Mantap dari SlemanFoto: Bagus Kurniawan/detikfood

Bakso panjang saat disajikan, tidak dipotong-potong. Namun setelah ditusuk pakai tusuk sate kemudian dikerat melingkar seperti mengiris sosis. Setelah itu dimasukkan ke panci berisi kaldu mendidih hingga terbentuk keratan atau uliran bakso yang panjang. Kemudian diangkat, dimasukkan ke mangkok dan siap disajikan.

Pemilik warung bakso 'Tresno Roso', Darimin mengungkapkan ide membuat bakso panjang karena selama ini sudah banyak penjual bakso bulat dengan berbagai ukuran. Ia melihat belum ada bakso model panjang. Ia kemudian membuat dan ternyata banyak pembeli yang senang dengan bakso panjang ini.
Bukan Sosis, Ini Bakso Panjang yang Gurih Mantap dari SlemanFoto: Bagus Kurniawan/detikfood

"Sekitar tahun 2014 lalu saya coba buat bakso panjang dan hingga kini cukup diminati pelanggan," katanya.

Menurutnya ukuran panjang bakso sekitar 15 cm. Dengan diiris melingkar agar gampang dipotong dan lebih mudah saat menyantapnya.

Selain bakso di warung ini juga tersedia mi ayam. Sedangkan untuk satu porsi bakso panjang dibanderol dengan harga Rp 10.000. Di tempat itu juga tersedia bakso biasa atau bakso bulat dengan ukuran sedang, dengan harga yang terjangkau.
Bukan Sosis, Ini Bakso Panjang yang Gurih Mantap dari SlemanFoto: Bagus Kurniawan/detikfood

"Kalau buka mulai jam 10 hingga jam 22.00. Siang dan sore biasanya paling ramai. Untuk hari Sabtu dan Minggu juga lebih ramai dibanding hari biasa." ungkapnya.

Untuk menuju warung bakso ini cukup mudah. Sekitar 15 km dari pusat Kota yakni Tugu Yogya ke arah barat melewati Jalan Godean. Setelah sampai simpang empat Gedongan, Moyudan belok ke kanan sekitar 4 km hingga perempatan Balangan. Dari tempat itu berbelok ke kiri sekitar 200 meter kanan jalan. Kita sudah sampai di Warung Bakso Tresno Roso.

(dvs/odi)