Yang Enak di Bogor

Di Kota Hujan Ada Cungkring, Nasi Oncom hingga Roti Kekinian

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 01 Apr 2019 19:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Yang Enak di Bogor
Jakarta - Bogor, selalu jadi tempat seru untuk berwisata kuliner. Ramai dikunjungi di akhir pekan, Bogor punya banyak tempat makan enak.

Sejak masa penjajahan Belanda kota Bogor yang berjarak sejam berkendara dari Jakarta selalu jadi favorit untuk bersantai. Saking sejuk dan tenangnya kota ini diberi nama 'buitenzorg' yang artinya kurang lebih kota tanpa risau atau kota yang nyaman.

Hingga kini Bogor masih populer sebagai destinasi warga Jakarta untuk 'ngadem' dan makan enak. Hampir semua jenis makanan ada di Bogor. Sajian kaki lima, rumah makan tradisional, kafe kekinian, hingga roti dan pastry masa kolonial.

Di Kota Hujan Ada Cungkring, Nasi Oncom hingga Roti KekinianFoto: Istimewa

Makanan khas Jawa Barat yang terkenal di Bogor adalah doclang, mie kocok, soto kuning, cungkring hingga toge goreng. Beberapa makanan ini dapat ditemukan di sekitar Stasiun Bogor hingga kawasan Surya Kencana.

Kalau bicara soal kuliner legendaris. Di kawasan Surya Kencana ini Anda bisa mencicip combro, es pala Aming, bir kotjok Bogor, hingga martabak. Bagi Anda pecinta soto, ada soto mie, soto santan hingga soto kuning yang diracik dengan paduan daging.

Baca juga: 7 Tempat Ini Bisa Jadi Tujuan Makan Murah dan Enak di Bogor

Soto kuning yang legendaris adalah racikan Pak Yusup. Soto ini sudah ada sejak tahun 1977 dan berlokasi di Surya Kencana. Soto kuning yang ditawarkan berisi potongan kikil, paru, usus hingga lidah. Disiram dengan kuah panas yang mengepul sedap.

Di Kota Hujan Ada Cungkring, Nasi Oncom hingga Roti KekinianFoto: Instagram@perutkarets

Selain itu, Bogor juga memiliki beberapa tempat makan yang sajikan menu Sunda. Kedai Nasi Dulang Cianjur Rahmawati Ayam Kampung Lepas bisa jadi pilihan. Puluhan sambal dengan sentuhan khas Sunda yang pedas enak dinikmati bersama dengan nasi putih hangat dan juga ragam lauk enak.

Deretan kafe kekinian dengan interior yang menggemaskan juga bisa jadi destinasi saat berkumpul dengan teman atau pun keluarga. Kafe Stokholm Syndrome menjadi kafe baru yang sedang digandrungi para anak muda di Bogor. Selain itu ada juga coffee shop vintage dengan racikan es kopi susunya yang juara bernama Imah Nini.

Di Kota Hujan Ada Cungkring, Nasi Oncom hingga Roti KekinianFoto: Visit Bogor

Di ulasan khusus kali ini, detikFood ingin memberikan beragam informasi tentang kuliner Bogor. Mulai dari yang tradisional sampai kafe-kafe kekinian. Yuk, simak terus artikel-artikel detikFood soal kulineran Bogor. Siapa tau bisa jadi inspirasi Anda saat akhir pekan berkunjung ke kota hujan ini.

Baca juga: Jalan-jalan ke Bogor, Serunya Mampir ke 5 Restoran Cantik Ini! (lus/odi)
FOKUS BERITA Yang Enak di Bogor