Di Dalam Buku Kuno Berusia 300 Tahun Ini Ada Resep Kari Tertua

Devi Setya - detikFood Jumat, 29 Mar 2019 15:10 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Sebuah buku kuno berusia 300 tahun baru saja dilelang. Di dalam buku ini tercatat resep masakan kuno termasuk resep kari tertua di Inggris.

Dikabarkan The Daily Mail (29/3) sebuah buku berisi resep masakan dan pengobatan tradisional baru saja masuk dalam daftar barang lelang. Buku ini sebelumnya sudah disimpan berabad-abad oleh keluarga yang enggan disebutkan namanya.

Buku ini mulai ditulis pada tahun 1688 oleh Sarah Jackson dan catatan terakhirnya ditulis pada tahun 1755. Dalam buku ini tercatat berbagai resep makanan dan cara pengobatan kuno.
Di Dalam Buku Kuno Berusia 300 Tahun Ini Ada Resep Kari Tertua Foto: istimewa

Baca juga : Pertama di Dunia, Buku Resep Masakan Universal Tanpa Kata-kata

Sebelumnya dipercaya resep kari Inggris paling awal ditemukan pada 1747 oleh Hannah Glasse, seorang chef yang berbasis di London. Tapi lewat buku ini, resep kari kuno kembali dibuktikan.

Buku tebal dengan lembaran kertas yang telah menguning ini ditulis oleh empat orang. Sebagai penulis pertama, Sarah diketahui berprofesi sebagai seorang koki. Inilah yang membuat ia juga akhirnya mengerti manfaat berbagai bahan makanan.

Bukan hanya resep makanan, dalam buku ini juga tercantum berbagai pengobatan tradisional. Sarah mencatat air siput biasa dijadikan obat untuk mengobati TBC. Ia mencampur air siput dengan berbagai bumbu seperti adas, daun mint dan gula.

Zaman dahulu, orang belum mengenal vaksin sehingga banyak penderita TBC harus meregang nyawa karena tak tertolong. Tak hanya obat TBC, Sarah juga mencatat berbagai ramuan kuno yang diolah menggunakan bahan herbal mulai sage, rosemary, kapulaga dan lain sebagainya.

Buku ini juga mencatat berbagai obat yang berasal dari kotoran hewan. Misalnya saja kotoran unggas biasa dijadikan obat untuk luka bakar. Ada juga pengobatan menggunakan kotoran kuda, namun sayangnya tulisan di buku ini kurang lengkap.

Buku ini kini masuk dalam daftar barang lelang di Forum Auction. Pihak rumah lelang ini mengatakan jika buku berusia ratusan tahun ini dalam kondisi baik.
Di Dalam Buku Kuno Berusia 300 Tahun Ini Ada Resep Kari Tertua Foto: istimewa

"Dalam buku ini tercatat kolaborasi persilangan antara resep makanan dan pengobatan," kata Max Hasler dari Forum Auctions. "Buku ini memberi kita gambaran kehidupan yang sangat baik pada masa itu, ramuan dan rempah-rempah yang dapat mereka gunakan, apa yang mereka konsumsi setiap hari, apa yang dipikirkan orang tentang penyakit saat itu."

Baca juga : 'The Cookbook Diary', Dari Dapur Keluarga Jadi Buku Panduan Memasak

Dalam buku ini juga tercatat resep marshmallow. Makanan manis yang diyakini sudah ada sejak zaman Mesir Kuno ini dipercaya bisa jadi hantaran untuk bangsawan. Marshmallow yang terbuat dari akar tanaman mallow ini juga biasa dijadikan obat untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan.

Buku ini mulai dilelang di London dan bisa dibeli oleh siapapun yang berminat. Buku ini diperkirakan akan terjual dengan harga £6.000 (Rp 111 juta).

Di Dalam Buku Kuno Berusia 300 Tahun Ini Ada Resep Kari Tertua
(dvs/odi)