Makan di Depan Kamera, Orang-orang Ini Berpenghasilan Rp 1,4 Miliar per Bulan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 29 Mar 2019 14:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Dulu konsep mendapatkan uang banyak dari menyantap makanan masih asing. Kini banyak orang yang berpenghasilan miliaran rupiah, hanya dengan makan di depan kamera.

Tren mukbang, atau makan banyak di depan kamera merupakan tren yang berasal dari Korea Selatan. Konsepnya sederhana, orang-orang membeli atau memasak makanan dalam porsi yang sangat banyak, kemudian memakannya di depan kamera dan ditonton oleh jutaan orang di dunia.

Baca Juga: Waduh! Wanita Ini Mukbang Makan Palu, Obeng dan Baut
Makan di Depan Kamera, Orang-orang Ini Berpenghasilan Rp 1,4 Miliar per BulanFoto: Istimewa

Dikabarkan dari Korea News Plus (28/03), orang-orang ini disebut sebagai Broadcast Jockey (BJ). Setiap bulannya mereka bisa mendapatkan uang sebanyak $10.000 atau sekitar Rp 143 juta, hanya melalui video live streaming. Sehingga tren mukbang ini terus berkembang pesat setiap tahunnya.

Untuk BJ yang sudah terkenal dan memiliki banyak penggemar, penghasilan mereka bisa mencapai miliaran rupiah. Biasanya banyak penggemar yang mengirimkan hadiah virtual, sejenis 'likes' yang bisa ditukar ke mata uang asli. Penghasilan ini juga ditambah dari iklan dan sponsor, yang berani membayar para BJ dengan harga tinggi untuk mengenalkan produk makanan mereka.

Contohnya, Ddeonggae merupakan BJ yang memiliki banyak penggemar. Videonya sudah ditonton lebih dari 46,8 juta kali di YouTube. Ketika dihitung dengan rata-rata uang yang diberikan YouTube untuk setiap video yang ditonton, Ddeonggae bisa mendapatkan uang $117.000 (Rp 1,6 miliar) dalam satu bulan.
Makan di Depan Kamera, Orang-orang Ini Berpenghasilan Rp 1,4 Miliar per BulanFoto: Istimewa

Di posisi dua ada Dorothy, ia terkenal dengan aksinya yang mampu melahap banyak makanan pedas. Videonya di YouTube sudah ditonton sebanyak 38,4 juta kali, sehingga penghasilannya bisa mencapai $96.000 (Rp 1,3 miliar) dalam satu bulan.

Ketika tren mukbang datang, awalnya banyak orang yang menganggap bahwa tren ini akan segera meredup. Kini tren mukbang terus berkembang, dan banyak orang yang memutuskan untuk mengabadikan momen mereka saat makan di depan kamera.

Banyak juga yang beralih profesi dan menjadikan mukbang, atau makan di depan kamera sebagai pekerjaan utama mereka.
Makan di Depan Kamera, Orang-orang Ini Berpenghasilan Rp 1,4 Miliar per BulanFoto: Istimewa

"Semakin bertambahnya waktu, tren mukbang semakin mendapatkan perhatian dan semakin populer. Banyaknya BJ baru dengan beragam makanan berbeda, membuat mukbang menjadi tren yang diramalkan akan terus ada dalam beberapa tahun ke depan," ungkap salah satu ahli analisis di Seoul.

Tak hanya orang Korea saja, demam mukbang ini sudah melanda di berbagai negara. Seperti Amerika, Eropa, dan tentunya negara-negara di Asia lainnya, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Video Mukbang Disukai Banyak Orang


Tonton Juga 'Gokil! Video Makan Bakso Ini Ditonton hingga 29 Juta Kali':



(sob/odi)