Agar Pisang Tak Terlalu Cepat Masak, Lakukan 4 Hal Sederhana Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 26 Mar 2019 13:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buah pisang selain menyehatkan juga mengenyangkan. Namun kendalanya, buah ini cepat mengalami perubahan warna dan kualitas. Hasilnya, buah pisang yang terlambat dikonsumsi harus dibuang percuma.

Pisang terlalu matang warnanya berubah menjadi kecokelatan, lembek, dan muncul bintik hitam di kulitnya. Bahkan ada pula yang enggan memakan pisang yang sudah terlalu matang. Tetapi bukan berarti kalau pisang tak bisa disimpan dalam waktu lama. Dengan beberapa teknik penyimpanan yang tepat, Anda bisa menyimpan pisang agar tak mudah berubah warna jadi hitam dan terlalu lembek.

Seperti yang dilansir dalam MSN (13/03/2019), berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan agar pisang yang disimpan dapat bertahan lebih lama.

Baca Juga: Bikin Kangen! Ini Dia 5 Olahan Pisang Tradisional yang Legit

1. Campur pisang dalam satu wadah

Agar Pisang Tak Terlalu Cepat Masak, Lakukan 4 Hal Sederhana IniFoto: Istimewa

Sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya beli dua macam pisang tetapi tetap dicampur dalam satu wadah. Beberapa pisang kuning yang memang bisa langsung dimakan dan beberapa pisang hijau yang belum terlalu matang yang masih ingin disimpan dan tidak langsung dimakan.

Pastikan ketika membelinya di toko buah, pisang belum mengeluarkan bintik-bintik coklat yang menandakan pisang sudah terlalu matang. Pilih juga pisang yang masih mulus karena pisang yang cacat atau rusak akan terkena udara yang mempercepat proses pematangan hingga akhirnya cepat busuk.

2. Jangan terpapar cahaya langsung

Agar Pisang Tak Terlalu Cepat Masak, Lakukan 4 Hal Sederhana IniFoto: iStock

Untuk mempertahankan pisang yang sudah matang, cukup letakkan handuk dapur di atas pisang Anda. Dengan melindungi pisang dari sinar matahari alami, ia meningkatkan supaya dapat disimpan dalam waktu lebih lama. Karena udara panas dapat mempercepat proses kematangan.

3. Pisahkan dengan buah lain

Agar Pisang Tak Terlalu Cepat Masak, Lakukan 4 Hal Sederhana IniFoto: iStock

Pastikan pisang disimpan terpisah dari buah lain. Jangan campuri jenis buah lain dalam satu tempat. Karena akan mengakibatkan semua buah yang tercampur tersebut lebih cepat matang, bukan hanya pisangnya saja.

Sebaiknya, jangan simpan pisang di lemari es sebelum matang. Karena udara dingin bisa membuat kulit pisang menjadi cokaAglat lebih cepat dan akhirnya busuk. Udara dingin memecahkan dinding sel kulit lebih cepat sehingga pisang menjadi coklat lalu menghitam sedangkan bagian daging pisang tetap mentah.

4. Gunakan plastik wrap

Agar Pisang Tak Terlalu Cepat Masak, Lakukan 4 Hal Sederhana IniFoto: AFP Photo

Membungkus dengan plastik plastik wrap di sekitar batang pisang membantu menjaga pisang lebih segar. Beberapa toko atau supermarket mungkin sudah melakukan ini. Tetapi apabila Anda belum mengetahuinya, Anda bisa lakukan ini.

Baca Juga: Pisang Terlalu Masak? Olah Saja Jadi Pancake dan Smoothie yang Lezat (lus/lus)