Jangan Tambahkan Minyak Saat Merebus Pasta, Ini Alasannya!

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 25 Mar 2019 15:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Meskipun dianggap mudah, merebus pasta ada triknya. Supaya tak lengket, kebanyakan orang menambahkan minyak dalam rebusan pasta. Tapi hal ini justru salah.

Pasta merupakan salah satu sumber karbohidrat dalam masakan Italia. Dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Setelah direbus, pasta disajikan dengan berbagai saus atau isian.

Jangan Tambahkan Minyak Saat Merebus Pasta, Ini Alasannya!Foto: iStock

Kebiasaan banyak orang dalam merebus pasta adalah dengan menambahkan sedikit garam lalu memasukan beberapa sendok teh minyak supaya tidak lengket.

Baca Juga: Doyan Pasta? Ini 5 Resep Spaghetti Enak Yang Gampang Dibuat

Temuan terbaru ternyata menambahkan minyak ke dalam air dapat merusak rasa makanan. Semuanya kembali ke konsep sains sederhana yang telah dipelajari sejak kecil bahwa minyak tidak akan bercampur dengan air. Bahkan ketika Anda menggabungkan dua cairan, mereka akhirnya akan terpisah dan minyak akan mengapung ke atas.

Jadi, ketika Anda menambahkan minyak ke air mendidih, minyak yang mengapung ke atas akan membuatnya berminyak dan justru sulit bagi saus untuk menempel ke pasta.

Cara termudah untuk mencegah pasta lengket saat direbus adalah dengan menggunakan panci besar dan air yang banyak untuk merebus pasta.

Dikutip dalam Shared, untuk mencegah hal tersebut menggunakan tiga liter air untuk setiap 250 gram pasta. Sesekali mengaduk pasta saat dimasak juga akan mencegah pasta lengket.

Kesalahan umum lainnya yang mungkin Anda lakukan adalah saat mengeringkan pasta dan mengalirkan air bekas rebusan ke wastafel.

Menurut Bon Appetit, air pasta yang keruh, dapat meningkatkan rasa yang lezat untuk saus pasta yang akan dibuat. Ternyata, cairan ini adalah yang paling dibutuhkan, yang akan menghasilkan saus lembut dengan konsistensi yang sempurna.

Jangan Tambahkan Minyak Saat Merebus Pasta, Ini Alasannya!Foto: iStock

Menambahkan sedikit air rebusan pasta ke dalam saus Anda tidak hanya akan menggabungkan minyak dari saus dan air, itu juga akan mengentalkan saus sehingga Anda tidak perlu repot menambahkan beberapa jenis tepung, tepung jagung atau krim tambahan, yang semuanya dapat mengubah rasa pasta.

Jadi lain kali saat Anda memasak pasta, cobalah menggunakan tips sederhana ini untuk mengetahui perbedaan rasa dan penampilan.

Baca Juga: Akhir Bulan Tetap Bisa Makan Pasta Enak dengan Harga Terjangkau (lus/lus)