Bukan Sashimi, Ini Gohu Sajian Ikan Mentah Khas Bacan

Danu Damarjati - detikFood Minggu, 24 Mar 2019 09:50 WIB
Foto: Danu Damarjati/detikcom
Pulau Bacan - Sashimi, sajian ikan mentah dari Jepang populer di dunia. Namun, Pulau Bacan juga punya sajian ikan mentah berbumbu bernama gohu.

Gohu Bacan berbeda pula dengan gohu Manado yang berisi irisan kecil pepaya muda mirip asinan asam-pedas. Gohu Bacan berbahan daging ikan mentah yang dicampur aneka bumbu.

Tim detikcom mencoba menikmati cita rasa Gohu Bacan di Ibu Kota Halmahera Selatan, yakni Labuha, Sabtu (9/3/2018). Ada Rumah Makan Idola Bacan di Jalan Mandowong yang menyediakan menu khas ini. Pengunjung bisa menikmati aneka sajian di sini sembari menatap lautan di seberang jalan.

Gohu Bacan yang berkuah oranye dengan aroma segar gurih. Foto: Danu Damarjati/detikcom
Semangkuk gohu tersaji di atas meja. Tampilannya tidak seperti irisan sushi Jepang. Daging ikan untuk gohu dipotong lebih kecil-kecil. Warna oranye sedikit keruh kuahnya menyiratkan kesegaran sajian ikan ini.

"Ini dari daging ikan cakalang," kata pemilik rumah makan bernama Ibu Juhairiah (43). Irisan fillet ikan cakalang dicampur dengan irisan bawang merah dan batang bawang. Kacang tanah yang dihaluskan turut diaduk bersama daging ikan yang diberi minyak kelapa.

Bagaimana daging ikan mentah ini bisa layak dimakan tanpa dimasak di atas api? Orang Bacan percaya perasan jeruk kecil bernama lemun cui (Citrus microcarpa) mampu membuat daging ikan aman dimakan tanpa harus dimasak.

Air asam dari jeruk lemon cui dan bumbu yang ditambahkan selain memberi rasa juga menjadi pelembut daging ikan. Selain mencegah bakteri, asam dan bumbu juga membuat ikan 'masak' seperti sajian naniura dari Sumatera Utara.
Tampilan gohu bacan yang dibalut bumbu. Foto: Danu Damarjati/detikcom
Sesendok gohu mengarah ke mulut. Benar-benar tak ada aroma amis. Sesampainya di lidah, yang muncul adalah rasa pedas-asam. Cita rasa kacang bahkan tidak terlalu dominan. Lain dengan bumbu gado-gado atau pecel sayur, bumbu kacang di gohu lebih encer. Daging ikan cakalang terasa lembut tanpa aroma anyir.
Sagu yang hambar enak disantap dengan gohu.Foto: Danu Damarjati/detikcom
Selain cakalang, ikan tuna atau ekor kuning juga cocok diolah menjadi gohu. Seporsi gohu berharga Rp 35 ribu. Biasanya gohu dinikmati bersama singkong, ubi jalar, sagu, atau pisang.

Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di *Ekspedisi Bahtera Seva*. (dnu/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com