Curhat Sherina yang Sedih Berhenti Minum Kopi karena Hal Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 23 Mar 2019 07:21 WIB
Foto: Asep Syaifullah Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Penyanyi Sherina harus berhenti kopi yang merupakan minuman favoritnya. Hal ini terpaksa ia lakukan lantaran kondisi kesehatannya.

Belum lama ini Sherina curhat di Instagram terkait 'perpisahan' dirinya dengan kopi. Nampak Sherina tersenyum lebar ketika memegang secangkir latte berhias busa cantik. Sayangnya foto ini bahagia ini menunjukkan kebalikan kondisinya sekarang.

Mantan penyanyi cilik ini sudah 3 minggu tidak minum kopi. "Semua dikarenakan GERD yang lama-lama mempengaruhi pita suara. Bisa tiba-tiba dua minggu suara serak tanpa adanya radang, pilek, atau fatigue," tulis Sherina mengawali cerita.

Curhat Sherina yang Sedih Berhenti Minum Kopi karena Hal IniFoto: Instagram sherinasinna

Menurut wanita 28 tahun ini, asam lambung adalah sumber masalah kesehatannya. Karena mengidap Gastro Esophageai Reflux Disease (GERD) ia bahkan bisa merasa sesak nafas dan susah menelan makanan.

GERD merupakan kondisi di mana adanya refluks (keluarnya) cairan lambung ke dalam esofagus (kerongkongan). Salah satu gejala yang kerap muncul adalah rasa nyeri di daerah dada bagian bawah.

Baca Juga: Beda Sakit Mag, GERD dan Tukak Lambung

Curhat Sherina yang Sedih Berhenti Minum Kopi karena Hal IniFoto: Shutterstock

Sherina pun pernah coba mengatasi GERD tanpa harus menghindari minum kopi. Putri Kepala Bekraf Triawan Munaf ini mulai mengurangi asupan makanan yang bisa memicu GERD seperti makanan pedas, bawang putih, dan ragam jeruk.

Khusus untuk kopi, ia tetap minum namun dalam jumlah sedikit. "Kopi pun diadjust, yang dulunya black coffee, switch ke almond milk cappuccino, switch lagi ke almond/soy latte. Itu pun dibatasi sekali sehari. Tapi tubuh orang beda-beda, ternyata untuk saya, walaupun sudah mengeliminasi makanan lain, konsumsi kopi yang dipertahankan ini akhirnya tetap saja mempengaruhi suara," kata Sherina.

Curhat Sherina yang Sedih Berhenti Minum Kopi karena Hal IniFoto: Istock

Pelantun 'Pergilah Kau' ini akhirnya memutuskan benar-benar tidak minum kopi. "Karena sekarang ceritanya lagi siap-siap sesuatu (lagi-lagi #hint) akhirnya saya merelakan kopi untuk sementara. Berat. Tapi someday aku akan kembali padamu kopi because I love you too much. ☕️☕️☕️," pungkasnya.

Selain Sherina, penyanyi Marcell Siahaan juga pernah mengurangi asupan kopi karena GERD. Ia menjelaskan kecanduannya akan kopi bermula karena sering meminum Americano dingin. Saking nikmatnya, ia tak sadar kalau dirinya sudah meminum racikan kopi itu dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Kecanduan Kopi, Marcell Siahaan Sempat Kena GERD


Tonton juga video Kopi Bisa Sembuhkan Flu, Hoax atau Fakta Ya?:

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)