Nggak Ngopi? 5 Minuman Ini Beri Asupan Energi Seperti Kopi

Shara Azzhara - detikFood Sabtu, 23 Mar 2019 06:21 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang minum kopi untuk mendapat asupan energi. Padahal selain kopi ada banyak minuman enak yang juga mampu bangkitkan energi.

Kopi selalu diandalkan sebagai minuman pemberi energi dan penghilang rasa kantuk karena kandungan kafein didalamnya. Kafein memang mampu mengoptimalkan daya konsenterasi jika dikonsumsi sebanyak 200 miligram atau setara dengan dua cangkir kopi.

Namun, mengonsumsi kopi secara rutin dan berlebih bisa menimbulkan efek samping. Karenanya beberapa minuman lain dapat menjadi alternatif minuman pembangkit energi, seperti diinformasikan NDTV (22/3) berikut.

Baca juga: Benarkah Hanya Kafein yang Bikin Seseorang Tetap Melek Usai Minum Kopi?

Nggak Ngopi? 5 Minuman Ini Beri Asupan Energi Seperti KopiFoto: iStock

1. Air lemon hangat
Lemon memiliki kandungan antioksidan yang dapat menyegarkan tubuh. Selain itu, senyawa pektin yang terkandung didalamnya akan membantu mengendalikan rasa lapar. Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup siapkan air hangat dalam gelas dan masukan irisan lemon secukupnya.

2. Smoothie buah dan sayur
Perpaduan jus buah atau sayur, yogurt dan air sangat bermanfaat sekaligus memuaskan selera. Kandungan vitamin didalamnya (terutama vitamin C) akan membantu dan mencegah kantuk seharian. Sebagai ide, coba buat smoothies dari campuran ragam buah berry atau gabungan buah dan sayur kesukaan Anda.

Baca juga: Ini 4 Cara Meracik Smoothies Lebih Sehat dengan Rasa Manis Alami

Nggak Ngopi? 5 Minuman Ini Beri Asupan Energi Seperti KopiFoto: shutterstock

3. Air kelapa
Buah kelapa tentunya sudah sangat dikenal karena kaya akan manfaat. Dikala lelah beraktivitas, konsumsilah air kelapa untuk mengembalikan keseimbangan elektrolit dan mencegah dehidrasi. Air kelapa juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat lainnya, mengonsumsi air kelapa secara rutin juga akan membantu menurunkan berat badan.

4. Jus rumput wheatgrass
Hindari lesu saat melakukan aktivitas dengan mengonsumsi jus rumput wheatgrass yang kaya akan zat anti inflamasi serta vitamin dan mineral. Anda dapat menghaluskan rumput gandum segar ini atau mencampurkan bubuk rumput wheatgrass instan dengan segelas air untuk pilihan yang lebih praktis.

Nggak Ngopi? 5 Minuman Ini Beri Asupan Energi Seperti KopiFoto: iStock

5. Teh hijau
Teh hijau memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit dari kopi dan melepaskan kafein dalam tubuh secara perlahan. Asam amino dalama teh hijau akan meningkatkan daya konsentrasi dan fokus. Teh hijau juga baik dikonsumsi setelah makan untuk memperlancar proses pencernaan.

Baca juga: Makanan Ini Bisa Jadi Pengganti Minuman Energi

(adr/odi)