Ke Bandungan, Jangan Lupa Nikmati Susu Kedelai dan Tahu Serasi yang Gurih Mantap

Aji Kusuma - detikFood Jumat, 22 Mar 2019 08:13 WIB
Foto: Aji Kusuma Admaja /detikcom Foto: Aji Kusuma Admaja /detikcom
Semarang - Mampir ke Bandungan, Kabupaten Semarang jangan sampai lupa mencicipi tahu goreng dan susu kedelai buatan Bu Khotijah. Dibuat segar dari kedelai murni, rasa gurihnya bikin ketagihan.

Tahu goreng dan tahu segar buatan Tahu Serasi Bu Khotijah populer di kawasan wisata Bandungan. Selain beli tahu Anda juga bisa berkunjung ke pabrik tahunya untuk melihat proses produksinya. Pabrik tahu Serasi Bu Khotijah lokasinya cukup dekat hanya berjarak 3 kilometer dari Pasar Bandungan.
Ke Bandungan, Jangan Lupa Nikmati Susu Kedelai dan Tahu Serasi yang Gurih MantapFoto: Aji Kusuma Admaja /detikcom

Tri Rahayu, pengelola Pabrik Tahu Serasi Bu Khotijah mengakui proses pembuatan tahu di pabriknya sangat higienis. Oleh sebab itu, proses pembuatan tahu terbuka untuk siapa saja yang ingin melihatnya.

'"Orang di sini bisa makan tahu sekaligus melihat langsung proses produksinya. Tidak ada yang kami tutupi, semua higienis dan terjaga kebersihannya," ujar Yayuk sapaan akrab Tri Rahayu kepada detikFood, Kamis (21/3/2019).

Alamat Pabrik Tahu Serasi Bu Khotijah berada di Desa Duren, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Di Pabrik tersebut juga tersedia meja dan gazebo yang siap menjadi tempat untuk mencicipi tahu yang masih segar dari dapur.
Ke Bandungan, Jangan Lupa Nikmati Susu Kedelai dan Tahu Serasi yang Gurih MantapFoto: Aji Kusuma Admaja /detikcom

"Harga tahu per bungkus isi 10 itu Rp 10.000, kalau harga segelas susu kedelai itu Rp 5.000. Juga bisa pesan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh," ungkap Yayuk.

Ia menambahkan, daya tahan tahu buatan pabrik Bu Khotijah, mampu bertahan selama tiga hari jika disimpan di luar kulkas. Namun jika disimpan di dalam kulkas, mampu bertahan selama satu minggu.

"Banyak pelanggan yang datang dari luar kota, dibawa ke Jakarta, ke Surabaya, ke Malang dan banyak kota juga aman. Namun karena tanpa pengawet ya maksimal tiga sampai tujuh hari," jelas Yayuk.

Selain tahu yang lembut gurih, Anda juga wajib mencicipi susu kedelai yang dibuat segar. Rasa gurih khas kedelai terasa kuat di lidah. Udara dingin Bandungan juga cocok buat menikmati olahan kedelai ini.

Ke Bandungan, Jangan Lupa Nikmati Susu Kedelai dan Tahu Serasi yang Gurih MantapFoto: Aji Kusuma Admaja /detikcom

"Susu kedelai ini bukan ampas tahu, tetapi dari sari kedelai asli. Setiap hari kami sediakan di sini, buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Parkir cukuo luas jadi nyaman kalau berkunjung bersama keluarga besar. Di sisi tempat makan, kami juga sediakan taman untuk bermain anak-anak," jelas Yayuk.

Dalam sehari, Pabrik Tahu Serasi Bu Khotijah memproduksi ribuan buah tahu. Semua tahu itu habis terjual, selain dijual di pabrik, ada pula yang diambil penjaja tahu goreng, dan juga rumah makan di sekitaran Kabupaten Semarang.

"Kampoeng Kopi Banaran dan Rumah Makan Cimory itu langganan kami. Setiap hari kami antar tahu segar ke sana. Kalau hari biasa ya maksimal 1.600 tahu, tetapi kalau akhir pekan bisa sampai dua kali lipat," tandas Yayuk. (dvs/odi)