PM Selandia Baru Jacinda Ardern Ternyata Pencinta Keju

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 20 Mar 2019 13:30 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern sedang jadi sorotan terkait penembakan di Christchurch. Ia memastikan pelaku penembakan diberikan kekuatan hukum penuh.

Kemarin PM Ardern juga memberi pernyataan serius bahwa ia tak akan pernah menyebut nama pelaku teror. ""Dia (pelaku-red) mendapat banyak hal dari aksi terornya, kecuali satu hal yakni kemasyhuran -- itulah mengapa Anda tidak akan pernah mendengar saya menyebut namanya," tutur wanita 38 tahun ini pada Selasa (19/3).

PM Ardern juga meminta orang-orang untuk mengucapkan nama korban yang kehilangan nyawa, bukan pelaku teror. "Saya memohon kepada Anda: Ucapkan nama-nama korban yang kehilangan nyawa, bukannya nama pria yang merenggut nyawa mereka," lanjut PM Ardern.

PM Selandia Baru Jacinda Ardern Ternyata Pencinta KejuFoto: Getty Images

Baca Juga: PM New Zealand Tak Mau Sebut Nama Pelaku Teror Masjid, Kenapa?

Mengenai sosoknya, PM Ardern diketahui menjadi perdana menteri termuda Selandia Baru dalam 150 tahun terakhir. Ia mulai menjabat posisi ini pada Oktober 2017.

PM Ardern juga belum lama menjadi seorang ibu usai melahirkan putrinya, Neve Te Aroha Ardern Gayford pada Juni 2018. Ia diketahui mengandung di usia 37 tahun.

Makanan favorit PM Ardern juga tak kalah menarik perhatian. Melalui wawancara bersama Stuff (20/3), istri Clarke Gayford ini mengaku sangat suka keju dalam semua bentuk. Saat di Geneva, Swiss bahkan ia tetap mencari cheese fondue meski cuaca dingin sedang ekstrem.

PM Selandia Baru Jacinda Ardern Ternyata Pencinta KejuFoto: iStock

Ia juga menyukai makanan penuh karbohidrat. "Lebanon termasuk di dalamnya. Saya kembali dari Beirut dengan buku resep dan celemek bertuliskan 'Saya suka hummus,'" kata PM Ardern.

Tak sekadar suka, PM Ardern ternyata punya masakan andalan yang juga penuh karbohidrat. Ia mengatakan, "Risotto, karbohidrat dan keju, enak." Makanan Italia ini berupa nasi dengan paduan kaldu dan cream yang sangat gurih. Toppingnya bisa daging, seafood, atau sayuran.

PM Selandia Baru Jacinda Ardern Ternyata Pencinta KejuFoto: iStock

Untuk makanan teraneh yang pernah disantapnya, PM Ardern menyebut gelembung renang (swim bladder) ikan. "Awalnya terasa enak dan benar-benar ada di mulut saya sebelum ada yang memberitahu saya apa itu. Saya sedang menghadiri jamuan makan malam resmi di China saat itu, jadi refleks alami bukanlah pilihan," sebutnya.

Wanita lulusan University of Waikato ini juga mengatakan waktu kecil tak suka blue cheese karena baunya. "Saya benci baunya. Ketika saya masih kecil, ayah saya biasa memakan blue cheese kemudian mengejar saya yang berlarian di sekitar rumah untuk memberi nafas bau blue cheese. Saya tidak bisa memaksakan diri memakan blue cheese sampai berumur 20 tahun," pungkas PM Ardern.

Baca Juga: Aroma Menyengat Keju Cheddar dan Blue Cheese Merupakan Hasil Kerja Bakteri dan Jamur

(adr/odi)