Rekomendasi Tempat Makan

Murah dan Legendaris, Ini 5 Es Dawet Enak Asli Jogja

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 17 Mar 2019 13:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Segarkan tenggorokan dengan segelas es dawet. Minuman tradisional ini banyak ditemukan di Jogja dan sekitarnya. Selain enak, harganya juga murah.

Es dawet merupakan minuman tradisional yang terbuat dari tepung beras atau pun beras ketan. Es dawet yang lembut kenyal ini disajikan dengan siraman santan dan kuah gula merah.

Meskipun es dawet berasal dari Jepara, Jawa Tengah akan tetapi Jogja jadi tempatnya penjual es dawet. Bahkan beberapa sudah berjualan hingga puluhan tahun dan menjadi ikon jajanan esnya Jogja.

Kalau sedang mampir atau liburan ke Jogja, tak ada salahnya untuk mencicip es dawet ini. Berikut beberapa es dawet enak dan populer di Jogja.

Baca juga: Sedang di Yogyakarta? Ini 6 Tempat Makan yang Wajib Anda Kunjungi

1. Es Dawet Mbah Hari

Murah dan Legendaris, Ini 5 Es Dawet Enak Asli JogjaFoto: gudeg.net



Mampir ke Pasar Beringharjo, ada es dawet enak yang dijual oleh Mbah Hari. Lokasinya ada di dalam Pasar Beringharjo tepatnya di pintu sayap utara.

Semua pengolahan es dawet dibuat secara tradisional dan menggunakan bahan-bahan alami. Mbah Hari sudah menjajakan es dawet di pasar ini sejak tahun 1965.

Seporsi es dawet bisa berisi cendol warna-warni, cincau, santan, cairan gula Jawa, potongan buah nangka dan es batu. Harga seporsi es dawet dibandrol dengan harga Rp 5.000. Tertarik coba?

2. Es Dawet Pak Slamet

Murah dan Legendaris, Ini 5 Es Dawet Enak Asli Jogja
Foto: deskgram


Pak Slamet menjadi salah satu penjual es dawet legendaris di Jogja. Sering disebut Dawet Sonosewu, Pak Slamet sudah menjajakan cendolnya sejak tahun 1983.

Menggunakan gerobak, setiap harinya Pak Slamet menjual dawetnya di depan emperan toko. Lokasi tepatnya ada di Jalan Sonosewu, Yogyakarta. Sebelah Timur PGRI dan persis diseberang bengkel mobil.

Seporsi es dawet milik Pak Slamet berisi cendol putih, santan dan siraman gula Jawa yang sudah dicarikan. Tambahkan dengan es batu untuk menambah kesegaran rasa dawetnya.

Sangat murah. Harga segelas dawet ini dibandrol dengan harga Rp 1.500. Wah, dijamin nggak bikin kantong bolong!

3. Depot Dawet Timoho

Murah dan Legendaris, Ini 5 Es Dawet Enak Asli Jogja
Foto: Instagram@jogjakakilima

Depot Dawet Timoho lokasinya ada di Jalan Polisi Istimewa, Baciro, Gondokusuma, Yogyakarta. Di depot yang sudah ada sejak tahun 1996 ini ada tiga jenis dawet yang bisa Anda cicip.

Mulai dari es dawet, es dawet campur dan es campur komplet. Untuk es dawet hanya berisi cendol, santan dengan lumuran gula Jawa. Sedangkan untuk es dawet campur, isiannya ada cendol, tapai, cincau dan agar-agar.

Untuk es campur komplet isiannya ada rumput laut, mutiara, cendol, tape dan cincau. Harganya sangat murah mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 3.500.

4. Es Dawet Pandawa Pak Bagong

Murah dan Legendaris, Ini 5 Es Dawet Enak Asli JogjaFoto: Istimewa

Es dawet yang satu ini bisa bantu segarkan tenggorokan di saat cuaca Jogja yang panas. Tempatnya ada di Jalan Jogja-Solo KM. 15, Bogem, Kalasan, Yogyakarta.

Es dawet ini memiliki rasa manis yang sedikit gurih. Karena dipadu dengan campuran santan segar dan cairan gula Jawa. Enak dinikmati dengan paduan es serut yang dingin.

5. Es Dawet Jogja Istimewa

Murah dan Legendaris, Ini 5 Es Dawet Enak Asli Jogja
Foto: daftarwisatajogja

Es dawet ini lokasinya ada di depan Stadion Maguwogarjo Sleman Yogyakarta. Di sini ada es dawet dengan beragam rasa mulai dari nangka, tape hingga durian. Serutan es dipadu dengan pilihan isian kemduian disirami dengan gula Jawa atau gula aren. Setelah itu ditambahkan dengan santan dan cendol berwarna putih. Segar.

Baca juga: Menjelajah Jogja dengan Mencicip 8 Jajanan Kaki Lima yang Populer dan Murah Meriah (lus/odi)