Mumpung Ayam Murah, Bikin Bekal Bola Ayam Renyah Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 17 Mar 2019 09:32 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Daging ayam sedang turun harganya. Sumber protein yang gampang diolah ini bisa dibuat bola ayam goreng yang renyah untuk bekal.

Sudah punya menu buat bekal besok pagi? Olahan ayam pasti disukai anak dan keluarga. Membuatnya juga mudah. Seperti Bola Ayam Renyah yang gurih enak.

Untuk membuat Bola Ayam Renyah bisa dipakai fillet ayam atau daging paha atas ayam tanpa kulit dan tulang. Agar bola ayam renyah tak terlalu berminyak, jangan campurkan lemak dan kulit ayam. Sebaiknya giling atau cincang halus daging ayam sendiri agar 100% berisi daging ayam.

Berikut ini bahan dan cara pengolahannya yang mudah dan gampang diikuri.


Mumpung Ayam Murah, Bikin Bekal Bola Ayam Renyah IniFoto: iStock

1. Daging ayam cincang

Gunakan daging dada ayau paha ayam tanpa lemak dan tulang serta kulit. Giling dan cincang halus sendiri. Jika membeli pilih yang premium, yang 100% daging ayam.

Siapkan 500 gram daging ayam cincang. Untuk bahan lainnya, 1 sdm bawang merah goreng yang ditumbuk halus, 2 siung bawang putih, parut, 1 sdm kecap asin, 1 sdm saus tiram, 1/2 sdt minyak wijen, 2 sdm tepung roti putih kasar, 1 sdm tepung terigu, 1 butir telur ayam, 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam.

2. Buat adonan
Aduk daging ayam cincang dengan bahan lainnya dan aduk hingga rata. Diamkan adonan sebentar hingga menjadi lebih kalis.

Mumpung Ayam Murah, Bikin Bekal Bola Ayam Renyah IniFoto: iStock

3. Bentuk bola-bola

Bentuk adonan menjadi bola-bola ayam ukuran sedang dengan memakai tangan. Sisihkan. Untuk mendapatkan rasa yang renyah enak. Bola-bola ayam bisa langsung digoreng atau gulingkan dalam tepung roti hingga terlapisi rata dengan tepung roti.

Jika akan disimpan, taruh bola-bola yang sudah dilapisi tepung roti, taruh dalam wadah bertutup dan simpan dalam freezer.

Mumpung Ayam Murah, Bikin Bekal Bola Ayam Renyah IniFoto: Istimewa

4. Goreng bola-bola ayam

Goreng bola-bola ayam dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Bola-bola ayam enak dimakan hangat dengan saus sambal atau mayonnaise.

(odi/odi)