5 Minuman Enak Ini Punya Nama yang Unik dan Nyeleneh

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 16 Mar 2019 13:04 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Dikenal sebagai gudangnya kuliner enak, Indonesia ternyata juga punya minuman dengan nama nyeleneh. Rasanya manis dan menyegarkan, penasaran nggak minuman apa?

Minuman dingin dengan paduan buah hingga dawet jadi sajian minuman enak. Berasa dari berbagai daerah di Indonesia, Anda bisa mencicip minuman ini untuk segarkan tenggorokan terutama saat cuaca panas.

Penasaran dengan nama-nama unik berbagai minuman di Indonesia? Ini dia 5 jenisnya!

1. Es Laksamana Mengamuk

5 Minuman Enak Ini Punya Nama yang Unik dan Nyeleneh
Foto: tandaseru.id


Es khas Riau ini punya sensasi segar. Isiannya dibuat dengan campuran buah kweni matang yang dipotong dadu, biji selasih, santan dan daun pandan.

Nama "Laksamana Mengamuk" ini berasal dari kisah seseorang laksamana yang mengamuk. Konon istrinya dibawa kabur oleh pemilik kebun kweni. Karena keremahannya, ia pun mengempaskan pedangnya ke segala arah dan membuat buah kweni jatuh dari pohonnya. Warga yang melihat kemudian memungut buah-buahan yang jatuh dan meraciknya menjadi minuman.

2. Es Air Mata Pengantin

5 Minuman Enak Ini Punya Nama yang Unik dan Nyeleneh
Foto: Cookpad dhiah oddie 18


Masih dari Pekanbaru, minuman ini namanya juga terbilang unik. Es Air Mata Pengantin sering dijadikan sebagai suguhan minuman saat pernikahan. Minuman ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah.

Bahan-bahannya berupa agar-agar, gula pasir, pewarna merah, kuning dan hijau. Ada juga nata de coco, selasih dan sirup. Agar-agar aneka warna ini membuat sajian es ini semakin memanjakan mata dan terlihat cantik.

3. Es Dawet Jembut Kecabut

5 Minuman Enak Ini Punya Nama yang Unik dan Nyeleneh
Foto: Dok. detikFood

Nama sajian es ini sekilas memang terdengar 'jorok' dan 'saru'. Akan tetapi ini adalah nama singkatan. Dinamakan es dawet jembut kecabut karena lokasinya ada di sebelah timur Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh dan disingkat Jembut Kecabut. Padahal dalam bahasa Jawa, jembut berarti bulu kemaluan dan kecabut artinya tercabut dari akarnya.

Ini merupakan es dawet yang berisi cendol hitam khas Purworejo. Harganya juga tergolong murah, semangkuk es dawet dibandrol dengan harga Rp 4.000-an.

Baca juga: Segarnya Es Dawet Jembut Kecabut yang Legendaris dari Purworejo

4. Es Palu Butung

5 Minuman Enak Ini Punya Nama yang Unik dan Nyeleneh
Foto: Dok. detikFood

Es Palu Butung merupakan salah satu jenis es yang berasal dari Makassar. Meski namanya Palu yang berarti palu untuk memukul paku. Minuman ini ternyata tampilannya hampir sama dengan pisang ijo. Akan tetapi es palu butung pisangnya tidak diberi lapisan.

Potongan pisang kemudian ditambahkan dengan bubur sumsum dan sirup merah serta es batu. Selain menyegarkan, es palu butung ini juga mengenyangkan.

5. Es teler

5 Minuman Enak Ini Punya Nama yang Unik dan Nyeleneh
Foto: Dok. detikFood

Banyak sumber yang mengatakan kalau es teler ini diciptakan oleh pedagang es campur di Jalan Semarang, Jalan Cilacap, Menteng bernama Tukiman Darmowijono. Racikan es yang dibuat oleh Tukiman ini sangat enak sehingga banyak anak-anak muda yang mengaku 'teler' setelah mengonsumsinya.

Alpukat yang ditambahkan dengan serutan kelapa muda, potongan nangka, susu kental manis, sirup dan es serut. Rasanya enak dan bikin segar.

Baca juga: Meski Arti Namanya Jorok, 5 Makanan Khas Indonesia Ini Rasanya Enak (lus/odi)