Resep Ayam Asam Manis Gaya Resto yang Juicy Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 13 Mar 2019 14:40 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Ayam dengan saus asam manis termasuk salah satu sajian favorit di restoran. Ayam asam manis ini juga tak sulit dibuat dengan bahan mudah didapat.

Untuk membuat ayam asam manis ini sebaiknya pilih fillet ayam tanpa tulang dan kulit. Tetapi jika ingin lebih juicy gurih, ayam asam manis juga bisa dibuat memakai daging paha atas yang dibuang tulang dan kulitnya.


Resep Ayam Asam Manis Gaya Resto yang Juicy EnakFoto: iSrock

Langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah menyiapkan 500 gram fillet atau daging paha atas. Potong-potong daging ayam ini ukuran 3 cm. Siapkan juga bumbu perendam dengan mencampurkan 1 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk, 2 sdm soy sauce dan 1 siung bawang putih yang diparut halus.

Resep Ayam Asam Manis Gaya Resto yang Juicy EnakFoto: iSrock

Aduk bumbu hingga rata lalu balurkan ke potongan ayam. Tambahkan 1 butir telur yang sudah dikocok rata. Aduk hingga seluruh ayam terlapisi telur. Taburi potongan ayam dengan tepung maizena hingga rata tetapi jangan terlalu tebal. Panaskan minyak banyak di atas api sedang. Goreng potongan ayam berbalut tepung hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Resep Ayam Asam Manis Gaya Resto yang Juicy EnakFoto: iSrock

Untuk sayurannya siapkan 50 g bawang bombay, 50 paprika hijau, 50 g paprika merah dan 100 g buah nanas. Potong kasar semua sayuran. Selanjutnya tumis bawang bombay dan sayuran lain hingga layu lalu angkat.

Sebagai sausnya, masak jadi satu 2 sdm gula pasir, 4 sdm saus tomat, 1 sdm cuka, 2 sdm kecap Inggris, 1/2 sdt garam dan 150 ml air, hingga mendidih.

Masukkan potongan ayam goreng dan sayuran, aduk-aduk hingga merata dan meresap sausnya. Angkat dan sajikan hangat dengan nasi putih.

(odi/odi)