Bikin Haru! Pekerja Konstruksi Ini Makan Siang Hanya dengan Nasi Putih dan Kuah Air

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Mar 2019 12:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak pekerja imigran yang bekerja sebagai pegawai konstruksi. Tak peduli seberapa keras pekerjaannya, pekerja konstruksi ini tampak selalu ceria.

Dikutip dalam World of Buzz (09/03) seorang pekerja yang sedang beristirahat makan siang terlihat hanya menikmati nasi putih dengan air mineral. Tidak ada sup atau pun lauk lain. Foto yang dibagikan melalui sosial media ini banyak mendapat simpati. Realitas yang menyedihkan dari perjuangan mereka terungkap dalam foto tersebut.

Bikin Haru! Pekerja Konstruksi Ini Makan Siang Hanya dengan Nasi Putih dan Kuah Air Foto: Istock

Foto yang diambil di suau tempat di Malaysia telah memicu reaksi di antara netizen dan berbagi pengalaman mereka tentang masalah ini. "Ketika Anda merasa ingin menyerah, ketahuilah bahwa mereka yang memiliki masalah saat ini masih bisa bahagia dan bersyukur dengan apa yang mereka miliki."

Baca juga: Tak Punya Cukup Uang, Anak Ini Makan dari Tempat Sampah Sekolahnya

Salah satu netizen juga menceritakan pengalamannya,"Ibu saya pernah memberitahu saya bahwa dia melihat sekelompok pekerja imigran makan di sebuah restoran. Dan mereka hanya bisa menikmati kaldu tidak ada lauk lain."

Bikin Haru! Pekerja Konstruksi Ini Makan Siang Hanya dengan Nasi Putih dan Kuah Air Foto: Istimewa

Netizen lain mengatakan,"Saya dulu bekerja di bidang konstruksi dan saya selalu melihat para pekerja imigran ini berbagi nasi mereka. Seringnya dinikmati dengan lauk yang hanya kari bawang. Karena mereka perlu menyimpan uang untuk dikirim kembali ke keluarga mereka. Kadang gaji mereka hanya digunakan untuk membayar paspor mereka untuk agen yang sudah mengirim mereka."

"Ayah saya juga seorang kontraktor dan dia juga bekerja dengan pekerja imigran. Mereka biasanya membeli banyak nasi di pagi hari dan menyimpannya untuk malam. Namun, satu-satunya hidangan yang mampur mereka beli adalah sambal belacan atau kerupuk," tulis salah satu netizen.

Suka atau tidak, pekerja imigran merupakan bagian integral dalam membangun bangsa. Sehingga kita juga perlu belajar bagaiaman mensyukuri segala sesuatu dengan apa yang kita miliki.

Baca juga: Restoran Muslim Ini Berikan Makanan Gratis Bagi yang Tak Punya Uang (lus/odi)