Sate Taichan Berlumur Sambal Rawit Selalu Diburu Pencinta Pedas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 08 Mar 2019 15:28 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Muncul sekitar 2016, sate taichan langsung populer di kalangan foodies. Racikan sate ayam polos ini dibaluri sambal rawit plus perasan jeruk limo. Huah!

Tak seperti sate ayam umumnya yang berbalut bumbu kacang, sate taichan hadir dengan pelengkap sambal cabai rawit yang super pedas. Pelengkapnya perasan jeruk limo yang asam dan menyegarkan.

Mengenai asal-usul atau sejarahnya, tak ada yang tahu pasti soal sate taichan. Hanya saja penjualnya sempat hits di kawasan Senayan. Pasalnya penjual sate taichan dulu berderet hingga puluhan kios meski menawarkan menu yang sama.

Mereka mulai menjajakan sate taichan sore menjelang malam. Jam bukanya pun hingga dini hari sehingga selalu jadi buruan para pencinta kuliner malam.

Sate Taichan Berlumur Sambal Rawit Selalu Diburu Pencinta PedasFoto: Istimewa



Untuk membuatnya, sebelum dibakar, daging ayam yang sudah ditusukkan dengan sebilah bambu ini diberi taburan garam serta olesan sedikit minyak. Sate dibiarkan polos kemudian disajikan dengan guyuran sambal rawit yang super pedas.

Menyantap sate taichan tidak dengan nasi melainkan potongan lontong. Banyak orang mampu habiskan puluhan tusuk sate taichan sekali makan.

Salah satu penjual sate taichan populer dulu adalah Sate Taichan 87 Bang Ocit. Sebelum dibuka, warung sate ini bahkan sudah diantre pembeli. Mereka umumnya membeli sate dalam jumlah banyak.

Sate Taichan Berlumur Sambal Rawit Selalu Diburu Pencinta PedasFoto: dok. detikFood

Yang khas dari sate taichan Bang Ocit, pembeli bebas mengambil sambal sate sesuai keinginan. Rasanyapun terbilang pedas.

Lokasi lainnya ada di Kedai Uncle Do Sate Taichan. Nama menu-menunya juga unik. Ada Pasta Taichan, Sayap Sayap patah, Sate Kulit Taichan Pedes Manis, Sate Taichan Pedes Manis. Semua menu tadi rasanya pedas nonjok. Kalau tak ingin terlalu pedas, Anda bisa pesan sate original.

Sate Taichan juga tak boleh dilewatkan. Total gerainya ada 30 termasuk di Bintaro. Sate taichan di sini terbuat dari daging ayam yang dibakar dan diberi bumbu. Bumbunya terbuat dari paduan cabe merah, cabe rawit, air jeruk limau, dan garam. Sehingga rasanya dijamin pedas segar. Tersedia juga sate sayap ayam taihcan.



Seiring waktu, topping sate taichan bukan hanya sambal rawit. Inovasi muncul dengan penambahan sambal matah. Ada potongan cabai rawit merah, bawang merah, tomat hijau dalam baluran air jeruk nipis yang asam segar. Rasa pedas yang tidak terlalu menonjok membuat sate taichan sambal matah bisa jadi alternatif mereka yang bukan penggemar pedas.

Sate Taichan Berlumur Sambal Rawit Selalu Diburu Pencinta PedasFoto: Instagram Sate Taichan Bang Kumis

Pencinta keju juga pasti suka sate taichan topping keju leleh. Sate taichan mozzarella sempt hits. Lembaran keju ini dilelehkan dengan blow torch. Menghasilkan sensasi benang-benang mulur sekaligus rasa gurih saat disantap!

Kalau mau buat sate taichan sendiri juga mudah. Ada resep berisi bahan dan cara membuat sate taichan ala detikFood yang bisa diikuti.

Bahan:
500 g fillet ayam, potong-potong
Tusuk sate
100 g keju mozzarella
Bumbu:
1 sdt bawang putih parut
1 sdm kecap manis
2 sdm shoyu
1 sdm saus tiram
Sambal:
1 sdm air jeruk nipis
Giling jadi satu:
15 buah cabe rawit merah
2 siung bawang putih
1 sdt garam

Cara membuat:

1. Aduk potongan ayam dengan bumbu hingga rata. Biarkan terendam beberapa saat.
2. Tusuki tiap 3-4 potong ayam dengan tusuk satai.
3. Bakar atau panggang hingga matang. Taruh di piring saji.
4. Beri keju mozzarella parut.
5. Panggang hingga keju leleh.
6. Sajikan dengan Sambalnya.

Untuk 10 tusuk (adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com