Hokkien Mee Berpredikat Michelin Ini Diracik Kakek 70 Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 08 Mar 2019 13:40 WIB
Foto: Daniel Food Diary Foto: Daniel Food Diary
Jakarta - Hokkien Mee buatan Tiong Bahru Yi Sheng telah mendapat pengakuan Michelin Guide. Mie khas Peranakan dengan banyak topping ini diracik seorang kakek 70 tahun!

Pencinta mie pastikan mencicip Hokkien mee goreng buatan Tiong Bahru Yi Sheng Fried Hokkien Mee saat ke Singapura. Lokasinya ada di ABC Brickworks Food Centre, tepatnya di 6 Jalan Bukit Merah.

Meski hanya menempati kios sederhana, tempat makan ini selalu ramai diantre. Pembeli ketagihan Hokkien mee racikan Uncle Toh yang telah berusia 70 tahun.

Hokkien Mee Berpredikat Michelin Ini Diracik Kakek 70 TahunFoto: Daniel Food Diary
Baca Juga: Yang Seru di Singapura, Ikut Tur ke Hawker Center hingga Pasar Tradisional!

Hokkien mee merupakan mie khas Peranakan yang populer di Malaysia dan Singapura. Aslinya hidangan ini berasal dari Provinsi Fujian (Hokkien), China. Berupa racikan mie telur dan mie beras yang ditumis bersama udang, cumi, dan daging babi sebagai primadonanya.

Di Tiong Bahru Yi Sheng Fried Hokkien Mee, Uncle Toh juga menggunakan bahan-bahan itu. Hanya saja ia menarik perhatian karena aksi meracik Hokkien Mee-nya unik.

Hokkien Mee Berpredikat Michelin Ini Diracik Kakek 70 TahunFoto: Daniel Food Diary

Ia selalu memakai goggles alias kacamata pelindung saat memasak. Terpasang juga earphone di telinganya yang berisi informasi pesanan pengunjung. Uncle Toh yang bernama asli Toh Seng Wang ini merupakan generasi kedua Tiong Bahru Yi Sheng Fried Hokkien Mee yang sudah ada sejak 40 tahun lalu.

Dengan cekatan Uncle Toh menumis mie kuning besar dalam wajan bersama pelengkap lainnya. Ia juga berusaha menutup wajan paling tidak dua kali saat memasak agar bumbu-bumbunya merasap.

Hokkien Mee Berpredikat Michelin Ini Diracik Kakek 70 TahunFoto: Daniel Food Diary

Hokkien mee dengan predikat Bib Gourmand dari Michelin Guide ini dijual seharga SGD 4-6 atau sekitar Rp41.000 hingga Rp62.000. Penyajiannya memakai sambal goreng ikan bilih dan jeruk nipis.

Kabarnya Hokkien mee di sini memiliki tekstur lembap yang pas dengan sentuhan rasa umami. Kalau tertarik mampir, Tiong Bahru Yi Sheng Fried Hokkien Mee buka tiap hari kecuali Rabu. Mulai pukul 3 sore hingga 10 malam waktu setempat.

Baca Juga: Jajan Sate Ayam dan Ikan Pari Bakar yang Sedap di Lau Pa Sat



(adr/odi)