Bikin Pancake Klasik yang Tipis Lembut dengan Resep Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 08 Mar 2019 08:15 WIB
Foto: iStock/Sina
Jakarta - Pancake paling enak dimakan hangat dengan kucuran madu. Ada beberapa versi pancake. Kalau suka yang tipis klasik, gampang dibuat sendiri.

Adonan telur, susu dan tepung terigu yang dibentuk bundar pipih ini terkenal di berbagai negara. Masing-masing punya versi yang berbeda. Di Inggris pancake dibuat tak terlalu tebal. Sementara di Amerika dibuat dengan tambahan baking powder lebih banyak sehingga tebal mengembang.

Negeri sakura, Jepang, punya pancake yang tebal fluffy. Ini karena putih telur dipisah dan dikocok sendiri baru dicampurkan dalam adonan telur. Pancake ini lebih mirip souffle Prancis dengan tekstur lembut ringan.

Bikin Pancake Klasik yang Tipis Lembut dengan Resep IniFoto: iStock

Jika suka yang klasik dan lembut, coba bikin pancake dengan resep ini. Bahan yang perlu disiapkan 120 g tepung terigu, 1 butir telur ayam yang agak besar, 300 ml susu segar, sedikit garam dan 1 sdm mentega leleh.

Dalam sebuah mangkuk atau wadah sedang, ayak tepung terigu dan garam. Kemudian kocok telur bersama susu hingga larut. Selanjutnya tuangkan ke dalam terigu perlahan sambil aduk-aduk.

Pastikan adonan benar-benar licin dan tercampur rata. Jika masih ada butiran terigu bisa saja adonan telur dan susu ini disaring. Diamkan adonan selama 15-30 menit.

Bikin Pancake Klasik yang Tipis Lembut dengan Resep IniFoto: iStock

Panaskan wajan datar antilengket di atas api sedang. Olesi sedikit mentega leleh. Setelah panas, tuangkan satu sendok sayur adonan pancake hingga terbentuk bulatan.

Setelah bagian pinggir pancake beku dan kecokelatan balikkan pancake, panaskan sebentar lalu angkat. Selalu aduk adonan saat akan menuangkan adonan ke atas wajan.

Bikin Pancake Klasik yang Tipis Lembut dengan Resep IniFoto: iStock

Pancake klasik siap disajikan hangat. Bisa ditumpuk atau dinikmati satuan. Enak dimakan dengan selai strawberry atau taburi gula bubuk. (odi/odi)