Keren! Saat Kereta Bekas Disulap Jadi 'Vending Machine'

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 05 Mar 2019 12:30 WIB
Foto: SoraNews24 Foto: SoraNews24
Jakarta - Ada dua hal yang membuat Jepang bergitu populer, yakni kereta dan vending machine. Kini, kedua hal itu menyatu dalam 'The Vending Train'.

Jepang memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak vending machine. Dari sekian banyak vending machine yang ada, sebuah vending machine yang berada di Tameike-sanno Station sukses menarik perhatian publik.

Keren! Saat Kereta Bekas Disulap Jadi 'Vending Machine'Foto: SoraNews24

Pasalnya, vending machine itu terbuat dari salah satu bagian gerbong kereta Ginza Line 01 Series. Kereta itu sudah beroperasi di Tameike-sanno Station sejak Januari 1984. Namun kereta terakhir beroperasi pada Maret 2017.

Bagian kereta yang tak terpakai itulah yang diubah oleh Tokyo Metro menjadi sebuah vending machine. Karenanya vending machine itu disebut dengan nama 'The Vending Train'.

Dikutip dari SoraNews24 (4/3), The Vending Train berada di antara pintu keluar 12 dan 13 stasiun. Ini merupakan vending machine minuman pertama di dunia yang dibuat dari salah satu bagian kereta tak terpakai.

Baca juga: Perusahaan Ini Rilis Vending Machine Khusus Scotch whisky

Keren! Saat Kereta Bekas Disulap Jadi 'Vending Machine'Foto: SoraNews24

Tokyo Metro menggandeng Suntory Coffee Boss dalam proses pembuatan The Vending Train sehingga minuman yang ada di dalamnya merupakan minuman buatan perusahaan itu.

Di samping vending machine itu terdapat sebuah papan putih bertuliskan, 'The Vending Train'. Seluruh permukaan vending machine juga dilapisi oleh lapisan logam yang sama seperti yang digunakan pada kereta aslinya. Sementara desain keseluruhan mereplikasi tampilan kereta depan kereta 01 Series.

Gambar rel kereta yang ada di bagian bawahnya mempercantikan tampilan The Vending Train. Selain terdapat nomor kereta asli, bagian bawah vending machine juga diberi foto kereta Ginza Line 01 Series sungguhan.

Keren! Saat Kereta Bekas Disulap Jadi 'Vending Machine'Foto: SoraNews24

Layaknya sebuah kereta, vending machine ini juga mengeluarkan suara yang sama seperti suara pengumuman dalam kereta. Hanya kalimatnya sudah diubah.

Contohnya, kata 'Terima kasih sudah menggunakan Ginza Line hari ini' diubah menjadi 'Terima kasih sudah menggunakan The Vending Train'. Atau 'Tolong jangan terburu-buru saat memasuki kereta' menjadi 'Tolong jangan terburu-buru saat memasukkan koin ke dalam mesin'.

Vending machine unik ini sebenarnya sudah ada sejak tanggal 22 Februari lalu. Kalau mengunjungi Tokyo, jangan lupa mencoba vending machine unik ini.

Baca juga: Canggih! Vending Machine Ini Buat Roti Otomatis Dalam Hitungan Menit (dwa/odi)