Wouw! Bagel Pizza Jumbo Ini Beratnya Mencapai 2,7 Kg

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 04 Mar 2019 19:15 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Bagel pizza hadir sebagai pizza rendah kalori yang lebih menyehatkan. Tapi di gerai ini, bagel pizza dibuat dalam ukuran jumbo dengan berat mencapai 2,7 kg!

Bagel merupakan jenis roti berbentuk cincin yang terbuat dari bahan tepung terigu dan ragi yang direbus di dalam air sebelum dipanggang. Untuk bagel tradisional, biasa diberi campuran garam, bawang bombay, bawang putih, telur, dan gandum hitam.

Wouw! Bagel Pizza Jumbo Ini Beratnya Mencapai 2,7 KgFoto: Einstein Bros

Dari paduan semua bahan tadi, roti ini memiliki tekstur padat dan kenyal dengan bagian luar berwarna coklat muda, bertekstur agak keras dan sedikit renyah.

Jika dilihat dalam kamus Merriam-Webster's, kata bagel dulunya dieja 'bajgiel'. Kata ini berasal dari beygl dalam bahasa Yiddi, bougel dalam bahasa Middle High German dan bouc dalam Old High German yang berarti "cincin".

Baca juga: Wah! Diam-diam Chrissy Teigen Tergoda Makan Bagel Pizza Bertopping Ini

Wouw! Bagel Pizza Jumbo Ini Beratnya Mencapai 2,7 KgFoto: nydailynews

Bagel sendiri sering disebut sebagai 'donat Yahudi'. Selain karena punya bentuk seperti donat, bagel juga ada pada tradisi orang Yahudi. Biasanya, orang Yahudi memakan bagel pada hari Sabbat karena pada hari itu mereka dilarang memesak.

Tapi kini, bagel sangat populer di New York, Amerika Serikat. Sebab wilayah itu masuk dalam salah satu kota besar di Amerika Serikat dengan populasi warga keturunan Yahudi terbesar.

Wouw! Bagel Pizza Jumbo Ini Beratnya Mencapai 2,7 KgFoto: Instagram

Saat ini, bagel tak hanya ditaburi wijen, kismis, atau poppy seed saja. Sebab sudah banyak orang yang berkreasi dengan roti rendah kalori itu. Terbaru dan paling banyak peminatnya ialah bagel pizza.

Kreasi ini bahkan membuat seorang Crissy Teigen tergiur. Dua tahun yang lalu, Chrissy menanggapi cuitan Washington Post soal bagel pizza dengan topping keju fontina, lox, bawang bombay, capers, daun bawang, keju mascarpone dan beberapa rempah-rempah.

Wouw! Bagel Pizza Jumbo Ini Beratnya Mencapai 2,7 KgFoto: Instagram

Melihat banyaknya penyuka pizza bagel, gerai pizza di California, Amerika Serikat membuat bagel pizza ukuran jumbo. Kreasi bagel pizza itu memiliki berat sebesar 6 pound atau sekitar 2.7 kilogram.

Sgt. Pepperoni's Pizza Store sebelumnya membuat sekitar 5 pound atau sekitar 2.2 kilogram. Bagel pizza jumbo ber-topping pepperoni itu bisa dilahap hingga 10 orang. Seporsi bagel dengan berat 2.2 kilogram itu dibanderol sebesar $50 (Rp 706 ribu).

Baca juga: Bagel dengan Paduan White Truffle Seharga 13 Juta, Mau Coba? (dwa/odi)