ADVERTISEMENT

Melihat Kebun Raya Bulo, Surga Pencinta Durian di Polewali

Abdy Febriady - detikFood
Senin, 04 Mar 2019 17:55 WIB
Foto: Abdy Febriady/dok. detikFood
Polewali - Berkunjung ke Polewali Mandar, Sulawesi Barat, harus mampir kawasan agrowisata Kebun Raya Bulo. Di sini banyak durian enak.

Kawasan wisata alam yang terletak pada ketinggian Desa Karombang, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar ini, tidak hanya menawarkan keindahan panorama alam pedesaan, dengan kesejukan udara khas daerah pegunungan, tetapi juga hamparan pohon durian yang memanjakan mata para penggemarnya.

Mulai dikembangkan sejak 10 tahun silam dan resmi dibuka untuk umum, kawasan agrowisata ini, seakan menjadi magnet dan menjadi primadona bagi warga di daerah ini. Sebagai tempat berkumpul baru untuk berlibur bersama keluarga.

Melihat Kebun Raya Bulo, Surga Pencinta Durian di PolewaliFoto: Abdy Febriady/dok. detikFood

Kebun Raya Bulo dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat perdagangan Kabupaten Polewali Mandar di Kecamatan Wonomulyo. Kebun raya ini ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit saja.

Kawasan kebun raya seluas 100 hektar . yang dimiliki oleh beberapa warga ini, telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Seperti toilet umum villa, dan gazebo aneka ukuran yang ditempatkan di puncak perbukitan. Dijamin membuat pengunjung betah menghabiskan waktu di tempat ini.

Apalagi sejak beberapa tahun terakhir, pemerintah daerah setempat telah mengucurkan banyak anggaran untuk peningkatan akses jalan di kawasan wisata ini. Pengunjungpun dapat berkeliling di kebun raya ini dengan nyaman.

Melihat Kebun Raya Bulo, Surga Pencinta Durian di PolewaliFoto: Abdy Febriady/dok. detikFood

Kendati daerah ini terkenal dengan kenikmatan rasa durian lokalnya, di Kebun Raya Bulo pengunjung juga dapat melihat proses pengembangan durian jenis lainnya, salah satu Durian Montong. Ciri khas buahnya yang berukuran jumbo dan tebal, dengan rasanya yang manis dan legit.

Bahkan tidak hanya melihat, pengunjung juga bisa menikmati buah durian sepuasnya, yang dipetik langsung dari pohonnya, tanpa harus memanjat. Maklum pohon durian di kebun raya ini terlihat lebih pendek dari pohon durian pada umumnya. Buahnya bergelantungan dengan jarak yang sangat dekat dengan permukaan tanah.

Pengalaman memetik buah durian langsung dari pohonnya, menikmatinya dalam suasana sejuk dan nyaman jadi pengalaman tak terlupakan.

Melihat Kebun Raya Bulo, Surga Pencinta Durian di PolewaliFoto: Abdy Febriady/dok. detikFood

Namun bagi pengunjung yang tidak suka buah durian, jangan khawatir. Karena di kawasan kebun raya ini, juga dikembangkan beberapa jenis buah-buahan lainnya, seperti rambutan dan langsat.

Bagi yang suka berswa photo,di kawasan kebun raya ini memiliki banyak spot photo menarik. Salah satunya berfoto di antara buah durian yang berukuran jumbo, atapun latar panorama alam yang disaksikan dari puncak perbukitan.

Satu buah durian lokal dibandrol seharga Rp 10.000 - Rp 15.000 per buah, sementara durian montong, dijual seharga Rp 50.000 - Rp 100.000 pe rbuah. Durian montong juga dijual seharga Rp 20.000 - Rp 25.000 per kilogram.

Melihat Kebun Raya Bulo, Surga Pencinta Durian di PolewaliFoto: Abdy Febriady/dok. detikFood

Di sini, pengelola menjamin setiap buah durian yang dipetik warga untuk dinikmati. Jika ada yang busuk atau rusak pengunjung akan mendapat buah durian yang baru.

Salah seorang warga bernama Andi Usman, yang ikut mengembangkan kebun miliknya menjadi kawasan perkebunan durian mengaku harus menunggu lama sehingga kebun miliknya bisa menghasilan buah durian seperti sekarang ini " apalagi dulu kita pernah salah memilih bibit karena belum paham,awalnya mau menanam durian motong malah mendapat bibit durian bangkok, setelah beberapa tahun tumbuh bahkan ada yang muluai berbuah, terpaksa semuanya kami tebang , dan memulai dari awal lagi " ungkapnya.

Diakui, untuk satu pohon durian bisa menghasilkan 50 buah durian " calon pembeli biasanya sudah menghubungi kami dari jauh hari, umumnya dari daerah makassar hingga Kalimantan " kata Andi Usman.

Melihat Kebun Raya Bulo, Surga Pencinta Durian di PolewaliFoto: Abdy Febriady/dok. detikFood

Sementara itu salah seorang pengunjung bernama Marcel mengaku puas bisa berkunjung dan menikmati buah durian di kebun raya ini " luar biasa, baru kali ini saya bisa melihat secara langsung hamparan kebun durian, dengan buahnya yang berukuran besar, tidak sia-sia saya berkunjung ke sini, rasa buah duriannya mantap " ujar Marcel kagum.

Uniknya lagi, pohon durian di Kebun Raya Bulo ini bisa berbuah sepanjang tahun, dengan puncak panen berlangsung pada pertengahan bulan Maret ini.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT