Minum 10 Cangkir Kopi Sehari, Tulang Wanita Ini 30 Tahun Alami Penuaan

Sonia Basoni - detikFood Senin, 04 Mar 2019 10:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Meminum secangkir kopi setiap hari memang hal lumrah. Tapi wanita ini dapat mengonsumsi 10 cangkir kopi setiap harinya, yang mempengaruhi kesehatan tulangnya.

Seorang karyawan wanita bernama Han Xiao, yang berasal dari Wuhan, China. Memiliki masalah kesehatan tulang yang serius. Ia ternyata selalu mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak selama 7 tahun lebih.

Baca Juga: Jika Dikonsumsi pada 5 Kondisi Ini, Asupan Kopi Berakibat Buruk
Minum 10 Cangkir Kopi Sehari, Tulang Wanita Ini 30 Tahun Alami PenuaanFoto: Istimewa
Wanita berusia 30 tahun ini, awalnya menderita flu dan batuk parah yang tak kunjung sembuh. Han Xiao merupakan penggemar berat kopi, dan biasanya dia selalu membuat secangkir kopi hitam setiap tiba di kantor. Dikabarkan World of Buzz (01/03), Han biasanya meminum lebih dari 10 cangkir kopi dalam sehari selama di kantor.

Dari konsumsi kopi yang terlalu banyak, akhirnya dia mulai mengalami batuk parah. Batuk ini biasanya bertahan selama 10 menit lamanya, setiap kali dia merasa kedinginan. Ia juga merasakan nyeri di bagian dadanya, tapi ia tak ambil pusing, hingga dia tidak bisa membalikkan badannya saat tidur.

Ketika ia memutuskan ke rumah sakit, akhirnya para dokter melakukan sejumlah pemeriksaan lewat X-ray, untuk mengetahui penyebab sakitnya. Hasilnya ditemukan bahwa Han terlalu banyak minum kopi dibandingkan air putih. Bahkan ia telah melakukan kebiasaan ini lebih dari 7 tahun.
Minum 10 Cangkir Kopi Sehari, Tulang Wanita Ini 30 Tahun Alami PenuaanFoto: Istimewa
Setelah itu para dokter juga menjalankan sejumlah pemeriksaan, terhadap kepadatan mineral pada tulang Han. Hasilnya menunjukkan kondisi tulang Han, mirip seperti tulang yang usdah berusia 60 tahun. Tulang ini juga sedang dalam proses menuju osteoporosis dini. Di mana kondisi tulang Han, berusia 30 tahun lebih tua dari usia aslinya.

Menurut WebMD, kandungan seperti kafein, garam, dan minuman berkarbonasi, dapat meningkatkan risiko terserang osteoporosis. Disarakan agar orang, terutama wanita untuk membatasi asupan kafein.
Minum 10 Cangkir Kopi Sehari, Tulang Wanita Ini 30 Tahun Alami PenuaanFoto: Istimewa
Han Xiao bukan satu-satunya yang mengalami penuaan tulang. Sebelumnya ada seorang pria berusia 23 tahun, yang mengalami hal sama karena sering mengonsumsi minuman berkarbonasi. Para dokter menyarankan untuk menjalankan pola makan sehat, dan juga mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Makanan ini berguna untuk menopang kesehatan tulang.

Selain itu disarankan untuk wanita yang sudah berusia di atas 45 tahun, agar rajin melakukan pemeriksaan kepadatan tulang secara teratur.

Baca Juga: Amankah Konsumsi Kopi dalam Keadaan Perut Kosong? (sob/odi)