Bukan dengan Mentega, Popcorn di India Dimasak dengan 'Pasir'

Devi Setya - detikFood Sabtu, 02 Mar 2019 13:13 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Biasanya masak popcorn menggunakan mentega supaya rasanya gurih. Tapi kalau di India, popcorn dimasak menggunakan garam yang mirip pasir.

Popcorn sudah lama jadi camilan di India, olahan renyah yang terbuat dari jagung ini dimasak dengan cara tradisional yang unik. Bukan menggunakan minyak atau mentega, popcorn dimasak bersama garam khas.
Bukan dengan Mentega, Popcorn di India Dimasak dengan 'Pasir' Foto: Istimewa

Baca juga : Mengapa Popcorn di Bioskop Lebih Enak daripada Buatan Sendiri?

Sekilas garam ini terlihat mirip pasir yang berwarna coklat keabu-abuan. Dibutuhkan garam dalam jumlah banyak untuk membuat popcorn matang dengan baik.

Untuk membuat popcorn ini, pasir harus dipanaskan di atas wajan. Ketika sudah cukup panas, baru masukkan bulir jagung kering. Prosesnya agak lama dan harus diaduk secara terus-menerus.

Setelah jagung cukup panas, bulirnya akan pecah dan membentuk popcorn yang renyah. Sebelum popcorn meletus dan lompat dari wajan, sebaiknya wajan harus ditutup.

Untuk hasil maksimal, garam dan popcorn harus terus diaduk hingga semua jagungnya menjadi popcorn yang putih mengembang. Kalau sudah matang semua barulah popcorn diangkat dan dipisahkan dari garamnya.
Bukan dengan Mentega, Popcorn di India Dimasak dengan 'Pasir' Foto: Istimewa

Beberapa orang menganggap popcorn yang dimasak dengan cara ini lebih sehat karena tak mengandung lemak. Namun sebagian orang meragukan kebersihan garam yang digunakan.

Baca juga : Begini Ceritanya Popcorn Bisa Jadi Camilan Wajib di Bioskop Seluruh Dunia

Di India, popcorn seperti banyak dijual sebagai jajanan kaki lima. Popcorn yang rasanya asin ini dikemas dalam plastik transparan.

Nah menurutmu, popcorn ini lebih enak dari popcorn biasa atau tidak?
(dvs/odi)