Laporan dari Madrid

Meson Txistu, Restorannya Para Pesepakbola Top Dunia

M. Resha Pratama - detikFood Sabtu, 02 Mar 2019 07:24 WIB
Foto: M. Resha Pratama Foto: M. Resha Pratama
Jakarta - Kota Madrid menyimpan banyak tempat unik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah restoran Meson Txistu yang jadi langganan para pesohor dunia.

Jika Anda sempat berkunjung ke Madrid, jangan lupa datang ke Plaza Angel Carbajo, 6 28020, Madrid. Di sana ada restoran yang lokasinya tak mencolok tetapi terlihat dari jalan, bernama Meson Txistu (Baca: Meson Cistu)

Restoran ini tampak biasa saja seperti layaknya restoran khas Eropa klasik. Bangunan terbuat dari kayu dengan neon box bertuliskan Meson Txistu. Tapi, ada banyak hal menarik jika memasuki restoran ini.

Meson Txistu, Restorannya Para Pesepakbola Top DuniaFoto: M. Resha Pratama

Begitu Anda membuka pintu restoran yang tak seberapa besar ini, Anda akan melihat berbagai foto para tokoh dan selebriti dunia. Ada beberapa foto pemilik restoran Pedro Abrego Velasco dan juga karyawan restoran bersama para pesohor dunia, termasuk para atlet top dunia.

Anda bisa lihat pemilik restoran berfoto bareng Pele, Diego Maradona, David Beckham, Cristiano Ronaldo, hingga Tom Cruise dan Arnold Schwarzenegger. Restoran ini juga jadi tempat perayaan gelar juara dunia Timnas Spanyol pada 2010. Ditandai dengan botol champagne raksasa bertuliskan Campeones Del Mundo 2010 dan ditandatangani para pemain La Furia Roja.

Nah, tempat ini masih sepi sekali ketika kami tiba sekitar pukul 21.00 malam waktu setempat. Ternyata bukan karena mau tutup, tapi memang Spanyol punya jam makan malam yang berbeda dari kebanyakan negara Eropa lain.

Orang-orang Spanyol biasanya makan malam mulai pukul 22.00 dan bahkan tak jarang baru dimulai pukul 24.00 tengah malam saat musim panas! Hal ini berkaitan dengan tradisi Siesta alias tidur siang dan waktu istirahat makan siang yang lama. Orang-orang Spanyol biasanya baru bersantap siang sekitar pukul 14.30 WIB.

Meson Txistu, Restorannya Para Pesepakbola Top DuniaFoto: M. Resha Pratama

Maka jangan heran jika datang ke Meson Txistu pada pukul 12 atau 1 siang, maka Anda bakal gigit jari karena restoran tersebut baru buka mulai 13.30 hingga 16.00. Lalu, mereka akan tutup selama 4,5 jam sebelum dibuka lagi pada pukul 20.30 hingga 24.00. Oya, restoran ini menyediakan hidangan khas Basque, salah satu provinsi di Spanyol.

Meson Txistu, Restorannya Para Pesepakbola Top DuniaFoto: M. Resha Pratama

Hidangan Basque dikenal dengan hidangan panggang yang dipadu paprika, tomat dan rempah sehingga rasanya lebih aromatik. Salah satunya adalah daging yang dilumuri bumbu khas Basque dan dipanggang di atas hot plate. Juga ada udang yang digoreng dengan saus kuning sebagai salah satu sajiannya.

Meson Txistu, Restorannya Para Pesepakbola Top DuniaFoto: M. Resha Pratama

Makan di tempat tersohor ini Anda harus merogoh kocek cukup dalam, karena harga dimulai dari 65 euro (sudah termasuk pajak) atau sekitar Rp 1 juta per paketnya. Berupa set menu, makanan pembuka hingga penutup. Harga yang termahal 87 euro atau sekitar Rp 1,38 juta. (lus/odi)