Wah, Mesin Ini Bisa Bikin Juhi Panggang Jadi Lebih Panjang

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 01 Mar 2019 17:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sotong jadi salah satu jajanan favorit di Korea. Selain dipanggang dan diberi saus, beberapa negara di Asia juga menikmati camilan cumi kering.

Camilan sotong kering atau juhi ini dibuat dari sotong segar yang dikeringkan. Setelah itu sotong dipanggang di atas bara api hingga kering. Selanjutnya juhi dipress dengan cara dimasukkan ke dalam alat khusus.

Alat atau mesin pres yang panas ini membuat juhi panggang yang lebar ketika ukurannya menjadi lebih besar dua kali lipat lebih.Selain itu juga jadi tipis dan garing.

Wah, Mesin Ini Bisa Bikin Juhi Panggang Jadi Lebih PanjangFoto: iStock

Daging sotong akan menipis sehingga ketika keluar terlihat sangat tipis seperti kertas. Untuk sotong kering yang dijual di supermarket dan siap santap biasanya sudah dikemas dengan beragam rasa. Di Korea, dijual kemasan dinamakan dengan O'dari.

Camilan ini memiliki tekstur yang agak alot dengan sensasi rasa gurih. Sedangkan kalau di Jepang, cumi kering biasa disebut dengan Surume. Surume merupakan makanan ringan asal Jepang yang dibuat dengan cara mengeringkan cumi dengan bagian dalam yang sudah dikeluarkan dan dibelah.

Baca juga: Doyan Cumi? Yuk, Bikin 5 Olahan Cumi Gurih Enak Ini!

Kalau membeli cumi kering yang belum dibumbui. Banyak orang Jepang yang akan memanggangnya dengan paduan olesan bumbu dan memotongnya dengan ukuran yang lebih kecil.

Orang Jepang kebanyakan memakan Surume dengan cara mencelupkannya ke dalam saus yang dibuat dari mayones dan kecap. Nyam, enak!

Wah, Mesin Ini Bisa Bikin Juhi Panggang Jadi Lebih PanjangFoto: iStock

Netizen pun berkomentar di video Foodie Boy yang diunggah ke Facebook. Ada yang berkata makanan ini seperti kotoran telinga. Ada juga yang mengatakan,"Dendeng cumi. Camilan sangat lezat dengan saus cabai manis atau salsa pedas yang dipadu jeruk nipis."

Pemilik akun bernama Praphatson Butda menyebut bahwa makanan seperti ini juga populer di Thailand, biasanya bisa ditemui di jajanan kaki lima.

Baca juga: Ketagihan Cumi Bakar Mantap Buatan Bagan Seafood!

(lus/odi)