Doyan Mie? Ini Resep Mie Goreng Enak dengan Bakso dan Rawit

Tim detikFood - detikFood Kamis, 28 Feb 2019 16:16 WIB
Doyan Mie? Ini Resep Mie Goreng Enak dengan Bakso dan Rawit/Foto: Instagram
Jakarta - Selain mie ayam, mie goreng juga jadi olahan mie favorit. Racikan mie ini enak ditambahkan topping seperti bakso hingga rawit merah.

Siapa yang tidak suka mie goreng? Mie goreng merupakan makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Penggemar mie goreng tersebar dari kalangan muda maupun orang tua.

Mie goreng sama seperti bakso yang biasa dikenal sebagai makanan rakyat dan bisa disantap kapan saja dan di mana saja. Di Indonesia, mie goreng sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Doyan Mie? Ini Resep Mie Goreng Enak dengan Bakso dan RawitFoto: Instagram


Mie goreng banyak dilahap sebagai makanan utama. Bisa juga disantap saat santai, atau bahkan saat seseorang lapar di malam hari. Terlebih, mie goreng adalah makanan yang pembuatannya sangatlah mudah sehingga baik wanita maupun pria tentu bisa membuat mie goreng dengan nikmat.



Mie goreng berbahan dasar mie yang dengan bumbu bawang putih, bawang merah, dan beberapa bahan lainnya lalu digoreng. Mie goreng tersedia dalam bentuk instan ataupun yang harus dibuat terlebih dahulu. Mie goreng bisa ditemukan di mana saja baik di pedagang kaki lima, warung makan, maupun di restoran mewah.

Mie goreng bisa diberikan beberapa tambahan seperti telur, daging ayam, udang, dan beberapa bahan lainnya. Mie goreng juga bisa ditambahkan dengan potongan timun, wortel, dan cabai rawit atau biasa disebut acar.

Seperti halnya mie ayam atau bakmi, sejarah mie goreng juga berawal dari negeri tirai bambu. Baru kemudian disukai hingga merambah ke berbagai negara di Asia Timur seperti Korea, Taiwan, dan Jepang. Kemudian akhirnya mie mulai menyebar ke wilayah Asia Tenggara.

Mie juga menyebar ke wilayah daratan Eropa. Pada saat itu, perkembangan mie di Eropa juga disesuaikan dengan kebudayaan setempat dan berubah menjadi pasta.

Banyak olahan mie yang bisa Anda coba di kedai-kedai, di kaki lima, warung makan, kafe dan bahkan restoran mewah sekalipun. Tapi kalau mau bikin sendiri bisa mencoba oseng mie rawit yang gurih pedas. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya.



Bahan:

Bahan:
2 sdm minyak sayur
50 g daun sawi, iris kasar
1 batang daun bawang, iris kasar
5 buah cabai rawit merah, iris kasar
5 butir bakso sapi, iris kasar
3 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
200 ml kaldu
500 g mie telur, seduh hingga lunak, tiriskan
Haluskan:
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica butiran
1 sdt garam
Taburan:
2 sdm bawang merah goreng

Cara Membuat:

Tumis bumbu halus hingga harum.
Masukkan cabai, daun bawang dan sawi. Aduk hingga layu.
Masukkan bakso, aduk hingga kaku.
Tambahkan kecap manis, saus tiram dan kaldu, aduk rata.
Masukkan mie, aduk hingga tercampur rata lalu angkat.
Taburi bawang merah goreng.
Sajikan.

Sajian untuk 4 porsi.

(nwy/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com