Ke Kota Kretek, Raja Dangdut Rhoma Irama Mampir ke Toko Jenang Kudus

Akrom Hazami - detikFood Kamis, 28 Feb 2019 11:10 WIB
Foto: Akrom Hazami
Kudus - Semalam Rhoma melewatkan waktu di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Raja dangdut ini pun mampir ke pusat dodol atau jenang Kudus yang populer.

Ada beberapa tempat yang disinggahi Rhoma Irama Rabu (27/2). Seperti di pusat jajanan jenang Kudus Mubarokfood di Jalan Sunan Muria.

Rhoma Irama terlihat mampir ke pusat jenang tersebut bersama rombongannya. Sekitar 8 menit, sang raja dangdut menikmati waktu di pusat oleh-oleh khas Kudus.

Rombongan tiba di lokasi Mubarokfood sekitar pukul 20.50 WIB. Dengan mengenakan pakaian baju putih, berpeci, Rhoma Irama berjalan melihat-lihat etalase berisikan jajanan khas Kudus dan camilan lainnya.

Ke Kota Kretek, Raja Dangdut Rhoma Irama Mampir ke Toko Jenang KudusFoto: Akrom Hazami

Kendati bangunan pusat oleh-oleh ini memiliki dua lantai, namun Rhoma Irama hanya menikmati wisata oleh-oleh di lantai dasar saja. Di lantai dasar, berisikan makanan atau jajanan ringan macam jenang beraneka rasa, serta berbagai kue dan camilan ringan.

Bagi wisatawan, datang ke lantai 1 Mubarokfood seolah masuk ke surga oleh-oleh makanan khas Kota Kretek. Berbeda dengan lantai 2 yang berisikan pada kerajinan batik, bordir, dan sejenisnya. Sementara bagian dalam berisikan sejarah jenang dan Kudus di Museum Jenang, serta Museum Gusjigang.

Rhoma Irama tak sempat menikmati suasana lantai 2 objek wisata ini. Di lantai 1, Rhoma memberikan testimoni untuk menjadi kenang-kenangan untuk museum.

Usai memberikan testimoni, sekitar pukul 20.58 WIB, Rhoma meninggalkan lokasi. Beberapa wisatawan mencoba mengajaknya berfoto. Beberapa pengawal lantas memberikan jalan ke Rhoma Irama agar masuk ke mobil yang mengantarnya.

"Maaf, bang haji sedang tidak enak badan," seru sejumlah petugas pengawal kepada awak media yang berupaya hendak mewawancarai Rhoma Irama.

Ke Kota Kretek, Raja Dangdut Rhoma Irama Mampir ke Toko Jenang KudusFoto: Akrom Hazami

Manajer Marketing Mubarokfood Cipta Delicia, Muhammad Kirom menjelaskan, pihaknya memanfaatkan kunjungan Rhoma Irama ke pusat jenang Mubarokfood dengan perkenalan sekilas.

"Kita perkenalkan makanan khas Kudus jenang, generasi Mubarok, maksud didirikan Museum Jenang, serta falsafah hidup warga Kudus Gusjigang (akronim dari bagus, mengaji dan berdagang). Kita perkenalkan pula pimpinan," kata Kirom.

Pihaknya juga meminta doa restu agar lancar rencana perluasan gedung wisata seperti galeri al quran, asma'ul husna dan visualisasi kakbah, replika omah kapal, omah kembar raja kretek nusantara Nitisemito.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com