Semua Menggoda! 9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

Tim detikFood - detikFood Rabu, 27 Feb 2019 18:18 WIB
Semua Menggoda! 9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba/Foto: I Gede Leo Agustina/ dTraveler Semua Menggoda! 9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba/Foto: I Gede Leo Agustina/ d'Traveler
Jakarta - Pulau Bali terkenal dengan pesona alamnya yang memikat. Selain pantai, Bali punya kuliner khas dan menggugah selera. Apa saja?

Ada makanan enak yang wajib dicoba saat ke Bali. Mulai dari ayam betutu, nasi jinggo, hingga rujak bulung. Semuanya nikmat!

1. Ayam Betutu

Semua Menggoda! 9 Makanan Khas Bali yang Wajib DicobaFoto: Istimewa

Betutu merupakan lauk yang terbuat dari ayam atau bebek utuh berisi bumbu yang dipanggang dalam api sekam. Ayam betutu ini makanan asli khas Gilimanuk. Ayam betutu biasanya digunakan dalam sajian pada upacara keagamaan dan adat. Tapi kini ayam betutu juga banyak dijual di berbagai restoran. Ayam betutu dibuat dengan campuran bumbu seperti cabai merah, jahe, kunyit, lengkuas, serat, bawang merah, bawang putih, ketumbar bubuk, kemiri, jeruk purut, merica dan garam. Saat disajikan ayam betutu biasanya diberi pelengkap sambal matah.



2. Nasi Campur Ayam Bali

Semua Menggoda! 9 Makanan Khas Bali yang Wajib DicobaFoto: Asri Vernon/d'Traveler


Nasi Campur menjadi salah satu makanan terpopuler bagi penduduk Bali maupun wisatawan. Makanan ini merupakan menu sehari-hari mereka. Nasi campur ini dimakan bersama dengan sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu basa genep bali, urap, dan lawar ayam. Lebih nikmat lagi disantap saat masih hangat dan ditambahkan dengan sambal matah khas Bali. Uniknya, menu nasi campur Bali ini hadir dengan lauk yang bervariasi sesuai dengan selera Anda.

3. Sate Lilit

Semua Menggoda! 9 Makanan Khas Bali yang Wajib DicobaFoto: iStock/dok. detikFood


Sate Lilit adalah makanan khas Bali yang populer di kalangan masyarakat Bali dan wisatawan. Kalau biasanya sate ditusuk, sate lilit sesuai namanya, dibuat dengan cara dililit. Sate ini berbahan dasar daging yang dicincang halus dan dilumuri bumbu Bali. Kemudian dagingnya dililitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Metode ini tentu membuat wangi yang sedap dan menggugah selera. Biasanya daging yang digunakan untuk membuat Sate Lilit adalah daging ayam dan ikan tenggiri. Di Bali, ikan tenggiri adalah menu sate lilit primadona.

4. Lawar Kuwir

Lawar kuwir adalah salah satu makanan khas Bali yang merupakan campuran dari sayuran dan daging cincang kemudian diberi bumbu khas Bali. Lawar umumnya diolah dengan menggunakan campuran daging Babi. Namun saat ini lawar sudah memiliki alternatif lain dengan menggunakan daging bebek. Inilah yang menjadi menu favorit masyarakat Bali. Daging yang sudah dicincang akan dicampur dengan potongan sayur kacang panjang dan parutan kelapa kemudian dilumuri bumbu Bali. Menu ini sangat nikmat disantap dengan nasi putih hangat dan beberapa tambahan lainnya.

5. Rujak Bulung

Selain makanan berat, di Bali juga terdapat camilan yang nikmat disantap siang hari yakni rujak. Siapa yang tidak kenal rujak? Rujak adalah makanan yang berbahan dasar buah-buahan dan dimakan dengan cara dicocol sambal. Hmm, sudah tentu makanan ini menggugah selera Anda. Di Bali terdapat rujak ulung yang sudah terkenal. Rujak ini menghadirkan sensasi rasa pedas sekaligus segar saat Anda menyantapnya. Jangan khawatir tidak menemukan makanan ini, karena rujak bulung ini bisa Anda temui di setiap sudut pulau Bali di pinggir jalan.



6. Serombotan

Serombotan identik dengan sayur-sayuran seperti kacang panjang, kangkung, bayam, buncis, toge, terong bulat dan pare. Di negara lain mungkin dikenal dengan istilah salad. Namun yang membedakan dari serombotoan ini adalah bahan dasar dan bumbunya yang khas. Serombotan memiliki bumbu yang berisikan campuran dari kunyit tumbuk, lengkuas, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan kencur. Kemudian bumbu ini dikombinasikan dengan sambal kacang dan bumbu pedas yang menggoyang lidah Anda.

7. Tipat Blayag


Bagi yang familiar dengan kuliner khas Bali yang bernama Tipat Cantok Bali, maka Anda harus coba kuliner yang satu ini, namanya Tipat Blayag. Tipat Blayag ini bentuknya tidak diulat layaknya ketupat, namun lebih mirip lontong yang bentuknya memanjang dengan menggunakan janur muda. Tipat Cantok menggunakan bumbu kacang, sementara Tipat Blayag menggunakan campuran bumbu Bali. Blayag ini memiliki bumbu yang sangat kental menyerupai santan. Inilah yang membuat Tipat Blayag terasa nikmat begitu disantap.

8. Nasi Jinggo

Semua Menggoda! 9 Makanan Khas Bali yang Wajib DicobaFoto: detikfood


Nasi jinggo adalah makanan khas Bali yang sangat digemari penduduk Bali. Selain harganya yang murah meriah, makanan yang satu ini juga sangat direkomendasikan karena keunikannya. Nasi Jinggo dibungkus dengan kemasan daun pisang. Sambal yang disajikan pada nasi jinggo ini super pedas. Nasi yang disajikan terdiri dari sekepal tangan orang dewasa. Lauk pauknya terdiri dari daging ayam yang sudah di suwir, mi goreng, dan tempe goreng. Mungkin Anda tidak akan kenyang jika hanya menyantap satu bungkus Nasi Jinggo.

9. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng menjadi makanan khas Bali, tepatnya di Gianyar. Nasi ini disajikan dengan cukup lembek menyerupai bubur. Racikan bumbunya kaya akan rempah-rempah dan pastinya sangat khas ala Bali. Bumbunya disiram di atas tepeng, itulah yang menjadi daya pikat utama makanan itu. Nasi Tepeng terdiri dari beberapa sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, terong, daun kelor, kelapa parut, dan nangka muda. Untuk lauknya biasa menggunakan suwiran ayam goreng dan telur. Uniknya, cara penyajian Nasi Tepeng ini menggunakan daun pisang.

(nwy/adr)