Pria Ini Sengaja Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Selama Setahun

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 27 Feb 2019 12:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Limbah makanan terus menumpuk. Karena prihatin pria ini akhirnya memutuskan untuk konsumsi makanan yang sudah kedaluwarsa selama setahun.

Scott Nash merupakan pemilik dari salah satu toko organik dari Washington D.C, yang memutuskan untuk mengonsumsi makanan basi selama satu tahun penuh. Biasanya Scott memakan produk makanan yang sudah lewat batas tanggal penggunaannya, dan ternyata beberapa makanan itu masih aman untuk dimakan.

Baca Juga: Wah! Pasangan Pengantin Ini Suguhkan Makanan Kedaluwarsa pada Pesta Pernikahannya!
Pria Ini Sengaja Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Selama SetahunFoto: Istimewa
Scott menceritakan pengalamannya ini lewat blognya, tentang mengapa dia tertarik untuk mulai mengonsumsi makanan basi yang sering dianggap tidak aman dan berbahaya untuk kesehatan.

"Saya punya kabin tua di Virginia, Amerika. Pada musim semi saya tidak sengaja meninggalkan yogurt di kulkas sana, lalu saya baru kembali ketika musim gugur. Ketika itu saya memakan yogurt pada tanggal 1 Oktober 2016, sementara yogurt itu kedaluwarsa pada tanggal 30 Maret 2016," tutur Scott di blognya, dilansir dari Thekitchn (27/02).

Scott mengaku bahwa ketika dia membuka kemasan produk itu, aromanya masih baik-baik saja dan tidak ada jamur yang hinggap di yogurtnya. Lalu setelah itu dia mengolah yogurt itu dalam blender, dan meminumnya. Ternyata ia tidak mengalami masalah kesehatan apapun.
Pria Ini Sengaja Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Selama SetahunFoto: Istimewa
Setelah itu Scott mulai rajin bereksperimen tentang teorinya mengonsumsi makanan basi, seperti makanan olahan daging dari sapi, ayam, bahkan ikan. Dia juga mengonsumsi butter, yang sudah dilapisi jamur, tentunya dengan membersihkan area butter yang sudah terkena jamur.

Bahkan Scott sempat menyajikan selada romaine yang sempat ditarik dari peredaran karena masalah kesehatan, kepada semua anggota keluarganya, dan tidak ada yang jatuh sakit.

Tujuan Scott melakukan semua ini sebenarnya untuk menunjukkan bahwa banyak makanan yang meski sudah masuk ke dalam masa kedaluwarsa, tapi masih aman dan sehat untuk dikonsumsi.
Pria Ini Sengaja Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Selama SetahunFoto: Istimewa
Menurut Scott sebenarnya tanggal kedaluwarsa merupakan salah satu trik ekonomi, di mana mendorong konsumen untuk membuang makanan yang masih bisa dikonsumsi, dengan membeli makanan baru agar keuntungan terus masuk. Bagi Scott, sebenarnya tanggal kedaluwarsa di produk makanan seperti garam, hanya untuk taktik marketing saja.

"Sementara itu untuk teman-teman saya di Amerika, tolong cari tahu dan rubah kebiasaan Anda. Kita semua bertanggung jawab untuk membuat perbedaan, dan setiap bagian dari makanan yang disimpan, sangatlah berarti," pungkas Scott.

Baca Juga: Wanita Ini Sudah 4 Tahun Olah Makanan Kadaluwarsa Jadi Makanan Lezat (sob/odi)