Umbi Goreng Renyah

Kentang, Ubi dan Talas, Gorengan Umbi Paling Populer

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 26 Feb 2019 18:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Umbi Goreng Renyah
Jakarta - Umbi-umbian kaya akan karbohidrat, selain itu jenisnya juga enak dijadikan gorengan. Apalagi kebanyakan umbi punya tekstur renyah dan rasa gurih.

Sebagai salah satu sumber pati atau karbohidrat, umbi banyak dijadikan sebagai makanan pokok. Selain itu, kini beberapa jenis umbi seperti kentang hingga talas juga populer sebagai camilan.

Berikut ini beberapa gorengan umbi populer yang cocok jadi teman ngopi atau ngemil.

Baca Juga: Krenyes Gurih Singkong hingga Talas Goreng yang Bikin Nagih

1 Singkong Goreng

Kentang, Ubi dan Talas, Gorengan Umbi Paling PopulerFoto: Istimewa

Berawal dari makanan sederhana, kini singkong goreng sudah menjadi jajanan kekinian yang digemari banyak orang. Biasanya singkong akan digoreng dalam minyak panas, lalu dibumbui dengan bawang putih atau garam hingga rasanya gurih dan enak hingga meresap ke dalam.

Tekstur singkong goreng yang empuk, bisa juga ditambahkan dengan keju parut hingga susu kental manis. Tetapi singkong goreng juga enak disantap hangat dengan cocolan sambal roa.

2 Kentang Goreng

Kentang, Ubi dan Talas, Gorengan Umbi Paling PopulerFoto: Istimewa

Bisa dibilang kentang goreng merupakan salah satu jenis gorengan umbi yang paling populer di dunia. Kentang goreng biasanya disajikan sebagai makanan pelengkap, juga camilan yang enak gurih.

Biasanya kentang goreng bentuknya lurus panjang seperti French fries, atau shoestring. Ada juga bentuk lain, seperti crinkle cut, atau spiral seperti curly fries. Kentang goreng ini juga bisa dihaluskan, lalu dibentuk menjadi hash brown yang mirip seperti perkedel kentang.

3 Ubi Goreng

Kentang, Ubi dan Talas, Gorengan Umbi Paling PopulerFoto: Istimewa

Ubi goreng banyak dijumpai di pedagangan gorengan. Umbi yang satu ini biasanya diiris tipis lalu dibaluri dengan tepung adonan, baru digoreng hingga garing. Rasanya manis gurih, dan paling enak dimakan ketika masih hangat.

Rasa gurih manis dari ubi sendiri terdapat dari campuran bubuk vanili, tepung beras, garam dan gula yang jadi pelapisnyq. Selain enak, ubi juga mengenyangkan.

4 Talas Goreng

Kentang, Ubi dan Talas, Gorengan Umbi Paling PopulerFoto: Istimewa

Tak kalah dari ubi dan singkong, talas juga enak diolah menjadi gorengan. Cara pembuatan talas juga terbilang sederhana, biasanya talas dipotong sesuai selera lalu ditambahkan larutan air garam dan bawang putih agar rasanya gurihnya terasa setelah digoreng.

Biasanya untuk menghilangkan getah, banyak penjual yang merendam talas di dalam air garam sebelum diolah atau digoreng.

5 Ubi Ungu Goreng

Kentang, Ubi dan Talas, Gorengan Umbi Paling PopulerFoto: Istimewa

Ubi ungu punya rasa dan tekstur yang lembut legit. Biasanya ubi ungu sering diolah menjadi bola-bola ubi goreng yang enak. Cara pembuatannya juga mudah, cukup kukus ubi lalu dihaluskan dengan campuran vanili, garam, tepung tapioka, dan gula bubuk.

Setelah dibentuk menjadi bola, ubi bisa digoreng dalam minyak panas kemudian ditiriskan. Agar lebih enak, biasanya bola ubi ungu ini ditambahkan dengan taburan gula halus di atasnya.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Umbi Goreng Renyah